KOMUNIKASI KESEHATAN PADA PROGRAM GERAKAN DETEKSI IVA DAN SADANIS (Studi Di Puskesmas Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin)

Rahmawati, Suci (2023) KOMUNIKASI KESEHATAN PADA PROGRAM GERAKAN DETEKSI IVA DAN SADANIS (Studi Di Puskesmas Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Suci Rahmawati 1930701050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Puskesmas menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyakit, UPTD Puskesmas Betung Kabupaten Banyuasin telah menjalankan program deteksi kanker leher rahim dan kanker payudara. Persiapan masyarakat sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya deteksi dini sehingga dalam hal ini dibutuhkannya sebuah komunikasi yang tepat. Penelitian ini menjelaskan bagaimana komunikasi kesehatan menjadi hal penting di kehidupan sosial dengan tujuan pengendalian kanker melalui deteksi dini yaitu dengan metode inspeksi visual asam asetat (iva) dan dengan metode deteksi pemeriksaan payudara klinis (sadanis). UPTD Puskesmas Betung Kabupaten Banyuasin berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat. Penelitian ini lebih berfokus pada usaha preventif (pencegahan) dengan menggunakan teori komunikasi kesehatan oleh Leavell dan Clark yang membahas mengenai lima tingkatan pencegahan penyakit. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dalam proses komunikasi kesehatan yang terdapat pada program deteksi iva dan sadanis diperoleh health promotion, specific protection, early diagnosis and promt treatment, disability limitation dan rehabilitation yang membutuhkan kerjasama anggota Puskesmas, kader Puskesmas dan juga dari masyarakat itu sendiri. Selain itu dibutuhkannya bantuan media seperti poster, leaflet, banner, dan spanduk. Hambatan dalam proses komunikasi kesehatan berupa hambatan pendidikan (pengetahuan), hambatan psikologis dan perspektif selektif serta hambatan jarak dan operasional yang membuat proses komunikasi kesehatan Puskesmas Betung pada program deteksi iva dan sadanis belum terbentuk dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 320 Ilmu politik > Hubungan negara dengan kelompok-kelompok sosial yang terorganisir
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:08
Last Modified: 20 Jun 2023 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28474

Actions (login required)

View Item View Item