KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM KONFLIK MANUSIA DAN GAJAH PADA HSA PLG KH ISAU-ISAU DI DESA ULAK PANDAN KECAMATAN MERAPI BARAT

Angriyani, Dinda Septina (2023) KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM KONFLIK MANUSIA DAN GAJAH PADA HSA PLG KH ISAU-ISAU DI DESA ULAK PANDAN KECAMATAN MERAPI BARAT. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Dinda Septina Angriyani 1930701098.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hutan Suaka Alam Pusat Latihan Gajah Kelompok Hutan Isau-Isau merupakan salah satu habitat dataran rendah yang mencakup berbagai ekosistem, termasuk padang rumput dan daerah rawa yang diperuntukkan terutama bagi gajah. Keberadaan Pusat Latihan Gajah memiliki peran sebagai tempat berkembang biak bagi gajah liar ditangkap yang dari hutan karena dianggap dapat menganggu masyarakat sekitar hutan. Gajah-gajah jinak di Hutan Suaka Alam Pusat Latihan Gajah Kelompok Hutan Isau-Isau ini merupakan gajah liar yang dipindahkan dan dilatih oleh pawang gajah.Tujuan dilakukanya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi lingkungan dalam konflik manusia dan gajah pada HSA PLG KH Isau-Isau dan untuk mengetahui upaya Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan dalam meyakinkan masyarakat desa penyangga megenai pusat latihan gajah.Penelitian ini menggunakan teori komunikasi lingkungan serta menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebagai salah satu bentuk analisa dan pembahasan terhadap data yang di peroleh. Hasil menunjukan bahwa komunikasi lingkungan sangat berperan dan juga dapat menjadi solusi dalam peyelesaian konflik antara manusia dan gajah karena dengan adanya pemberian informasi melalui sosialisasi,kampanye,dan mengedukasi sehingga menimbulkan saling pengertian(mutual understanding),dengan adanya pihak-pihak yang terlibat dalam mendorong partisipasi masyarakat serta komunikasi lingkungan sangat penting dalam rangka penyelamatan konflik lingkungan dan seluruh sistem ekologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:09
Last Modified: 20 Jun 2023 02:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item