Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Menerapkan 3 M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, Memakai masker) Pada Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal Di SMAN 1 Martapura OKU Timur

Samsudi, Samsudi (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Menerapkan 3 M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, Memakai masker) Pada Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal Di SMAN 1 Martapura OKU Timur. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2. BAB 1.docx

Download (75kB)
[img] Text
2. BAB 1.docx

Download (75kB)
[img] Text
6. BAB 5.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran menerapkan 3 M pada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tatap muka era new normal di SMAN 1 Martapura OKU Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran menerapkan 3 M pada peserta didik. (2). Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran menerapkan 3 M pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu (1) peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kesadaran menerapkan 3 M pada peserta didik adalah sebagai pembimbing, model/uswah, dan penasehat. (2) Faktor pendukungnya, yaitu pengetahuan peserta didik tentang protokol kesehatan 3 M yang sudah baik, usia peserta didik, sikap peserta didik, lingkungan peserta didik yang terbiasa menerapkan protokol kesehatan, fasilitas protokol kesehatan sekolah, peran aktif orang tua dalam mengawasi perilaku peserta didik, dan dukungan dari tokoh masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu sikap peserta didik yang meremehkan virus covid-19, lingkungan peserta didik yang terbiasa beraktivitas dengan mengabaikan 3M, dan orang tua yang abai dalam mengawasi perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Peserta Didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:56
Last Modified: 20 Jun 2023 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28488

Actions (login required)

View Item View Item