TINDAK PIDANA PENCEMARAN LINGKUNGAN OLEH PERUSAHAAN BATUBARA DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI DI POLSEK TANAH ABANG PALI SUMATERA SELATAN)

Mira Alda, Sari (2023) TINDAK PIDANA PENCEMARAN LINGKUNGAN OLEH PERUSAHAAN BATUBARA DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI DI POLSEK TANAH ABANG PALI SUMATERA SELATAN). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH SKRIPSI MIRA (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Oleh Perusahaan Batubara Ditinjau Dari Hukum Pidana Islam (Studi Di Polsek Tanah Abang Pali Sumatera Selatan)”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran lingkungan oleh kepolisian sektor tanah abang pali sumatera selatan? Dan Bagaimana perspektif hukum pidana islam terhadap tindak pidana pencemaran lingkungan oleh perusahaan batubara? Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif-empiris dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yang disusun secara sistematis, sehingga menjadi data yang konkrit mengenai tindak pidana pencemaran lingkungan oleh perusahaan batubara. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu informasi yang bersumber dari wawancara dan pengamatan langsung kelokasi penelitian, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Penegakan hukum terhadap kasus tindak pidana pencemaran lingkungan oleh perusahaan batubara di desa lunas jaya tidak serius dikarenakan polisi beranggapan untuk menegakan hukum apabila adanya laporan dari masyarkat serta kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. sehingga proses penegakan hukum tidak dapat ditegakan dengan baik. Adapun beberapa kendala dalam penegakan hukum yaitu sumber daya manusia, faktor masyarakat, sarana atau fasilitas, profesionalisme penegak hukum dan Ketergantungan Penerapan Penegakan Hukum Pidana Lingkungan Terhadap Hukum Adminstratif. Selain itu Perspektif hukum pidana islam terhadap tindak pidana pencemaran lingkungan oleh perusahaan batubara. Sanksi yang diberikan berupa ta’zir yang mana hukuman dan kadarnya dikembalikan kepada Hakim yang tujuannya untuk mendidik dan memberikan rasa jera kepada pelaku. Kata kunci: penegakan, tindak pidana, pencemaran lingkungan, perusahaan batubara

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: MIRA ALDA SARI 1920103038
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:56
Last Modified: 20 Jun 2023 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28491

Actions (login required)

View Item View Item