DASAR PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA INSUBORDINASI OLEH ANGGOTA TENTARA NASIONAL INDONESIA DALAM KAJIAN HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER PALEMBANG)

Renza, Aldikasari (2023) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA INSUBORDINASI OLEH ANGGOTA TENTARA NASIONAL INDONESIA DALAM KAJIAN HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Bismillah skripsi full Bab acc renza.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Dasar Pertimbangan Hakim Terhadap Tindak Pidana Insubordinasi Oleh Anggota Tentara Nasional Indonesia Dalam Kajian Hukum Pidana Islam (Studi Putusan Pengadilan Militer Palembang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara dakwaan oleh oditur militer dengan putusan pengadilan militer. Skripsi ini difokuskkan pada dua pembahasan pertama, Bagaimana Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Memutuskan Putusan Perkara Insubordinasi. Kedua Bagaimana Pandangan Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Hakim Dalam Memutuskan Perkara Insuboordinasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan putusan perkara insubordinasi dan pandangan hukum pidana islam terhadap putusan hakim dalam memutuskan perkara insuboordinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Hukum Normatif. Sumber yang digunakan adalalah Data Sekunder yang mencakup bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Selanjutnya data dikumpulkan dengan cara Studi Kepustakaaan (Library Research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Deskriptif Kualitatif lalu disimpulkan secara Deduktif. Hasil dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwah putusan hakim pada tindak pidana insubordinasi tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang hukum pidana militer, dan mengenai sanksi yang diberikan hakim masih tergolong ringan, karena jika merujuk pada ketentuan yang mengatur mengenai tindak pidana insubordinasi yaitu di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer (KUHPM) insubordinasi tergolong kedalam kategori tindak pidana berat karena ancaman hukumannya yaitu di atas 5 (lima) tahun penjara dan putusan hakim terhadap tindak pidana isnsobardinasi belum sesuai dengan kaidah/ ketentuan undangan- undangn hukum pidana militer. Pandangan Hukum Pidana Islam terhadap putusan hakim yang memutuskan perkara insubordinasi sudah sesuai kaidah atau syariat hukum pidana islam yang termasuk kedalam jarimah ta’zir dimana menyerahkan kepada hakim atau ulil amri hukumanya berbentuk, hukuman penjara, dan hukum pemecatan. Kata kunci : Insubordinisasi, TNI, Tak’zir

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: RENZA ALDIKASARI 1910103005
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:57
Last Modified: 20 Jun 2023 08:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28493

Actions (login required)

View Item View Item