SISTEM BAGI HASIL PENJUALAN KARET MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KARANG ENDAH SELATAN KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM)

Anggraini, Monika (2023) SISTEM BAGI HASIL PENJUALAN KARET MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KARANG ENDAH SELATAN KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
abstrak monika.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover monika.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 sd 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS Monika.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakanggi oleh suatu sistem pengolahan dana dalam perekonomian Islam yakni pembagian hasil usaha antara pemilik modal (shahibul maal) dan pengelola (mudharib). Bagi Hasil dapat dikatakan bentuk return (perolehan kembaliannya) dari kontrak investasi, dari waktu ke waktu, tidak pasti dan tidak tetap. Besar Kecilnya perolehan kembali itu bergantung pada hasil usaha yang benar benar terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sistem bagi hasil petani karet di desa Karang Endah Selatan kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim dan Untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap penerapan distribusi hasil penjualan karet menurut prespekif islam di desa Karang Endah Selatan kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim. Penelitian ini termasuk dalam jenis fiel research dan bersifat deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, pengelolaan datanya dilakukan dengan mereduksi data, penarikan data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan Penerapan Bagi Hasil Penjualan Karet petani karet di desa Karang Endah Selatan kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim yaitu dalam penerapan sistem bagi hasil ini yang diterapkan yaitu sistem musaqah, karena dalam penerapan sistem ini masyarakat selalu dipraktekan dalam bagi hasil. Dan Tinjaun Ekonomi Islam Terhadap Penerapan Distribusi Hasil penjualan karet menurut prespekif islam yaitu secara garis besar sudah merujuk kepada ajaran fikih, hal ini disebabkan oleh masyarakat yang dalam kehidupannya dipengaruhi oleh kehidupan beragama dan juga terlihat dari mereka para orang tua di Desa karang Endah Selatan Kecamatan Gelumbng Kabupaten Muara Enim menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah yang bernuansa agama. KataKunci: Bagi Hasil, Penjualan Karet, Perspektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil, Penjualan Karet, Perspektif Ekonomi Islam.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Terbitan Berseri, Berkala, Publikasi Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MONIKA ANGGRAINI 1820602123
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:10
Last Modified: 27 Jul 2023 06:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28685

Actions (login required)

View Item View Item