KOMUNIKASI LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP OKU SELATAN KEPADA MASYARAKAT SETEMPAT, WISATAWAN, DAN PELAKU USAHA DALAM UPAYA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KAWASAN WISATA DANAU RANAU

THEO SETIAWAN, ADE (2023) KOMUNIKASI LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP OKU SELATAN KEPADA MASYARAKAT SETEMPAT, WISATAWAN, DAN PELAKU USAHA DALAM UPAYA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN KAWASAN WISATA DANAU RANAU. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ADE THEO SETIAWAN 1920701019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata di Danau Ranau yang membuat tempat ini semakin dikenal dan semakin banyak dikunjungi tentu akan berpengaruh dalam sektor lingkungan. Hal ini membuat upaya pencegahan terjadinya kerusakan lingkungan di kawasan wisata ini sangat diperlukan sebagai aksi untuk melindungi keasrian Danau Ranau. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti komunikasi lingkungan oleh Dinas Lingkungan Hidup OKUSelatan sebagai upaya pencegahan kerusakan lingkungan di Danau Ranau.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dengan menggunakanteori Perencanaan komunikasi Richard Jurin sebagai kerangka teoritis. Data penelitiandidapatkan dengan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa permasalahan lingkungan yang ada di Danau Ranau yaitu sampah, eceng gondok, keramba jaring apung (KJA), serta penebangan pohon di sepanjang jalan lintas Muara Dua - Liwa. menyikapi permasalahan tersebut Dinas Lingkungan Hidup OKU Selatan melakukan komunikasi lingkungan kepada masyarakat setempat, wisatawan, dan pelaku usaha dengan menggunakan media secara langsung dan media luar ruang yaitu papan peringatan. Namun komunikasi lingkungan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup OKU Selatan belum terlalu berdampak dan masyarakat belum memiliki kesadaran tentang lingkungan. Danau Ranau bagi masyarakat setempat adalah suatu potensi yang dapat meningkatkan perekonimian masyarakat dan infrastruktur yang bagus. Danau Ranau bagi wisatawan adalah aset berharga dan pariwisata di Danau Ranau masih bisa jauh lebih berkembang. dapat disimpulkan bahwa komunikasi lingkungan di Danau Ranau masih bisa dilakukan dengan lebih maksimal dengan menggunakan media modern agar lebih efisien. positifnya anggapanmasyarakat dan wisatawan tentang Danau Ranau berarti pentingnya Danau Ranau untuk dijaga lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:47
Last Modified: 03 Jul 2023 02:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28687

Actions (login required)

View Item View Item