STRATEGI DAKWAH TOKOH AGAMA DALAM MELURUSKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PUYANG SEMILUAN DI DESA TAJA INDAH KECAMATAN BETUNG KABUPATEN BANYUASIN

YANTO, ARI (2023) STRATEGI DAKWAH TOKOH AGAMA DALAM MELURUSKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PUYANG SEMILUAN DI DESA TAJA INDAH KECAMATAN BETUNG KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_removed.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
bab 1_removed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
dafus_removed.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Dakwah Dalam Meluruskan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Puyang Semiluan Di Desa Taja Indah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dakwah tokoh agama dalam meluruskan kepercayaan masyarakat Taja Indah terhadap Puyang Semiluan dan tantangan dari penerapan strategi dakwah tokoh agama dalam meluruskan kepercayaan masyarakat terhadap Puyang Semiluan di desa Taja Indah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif dengan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman” tentang analisis data kualitatif yang dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori strategi dakwah menurut Al-Bayyuni yang terdiri dari: strategi sentimental, strategi rasional, strategi indrawi, dan teori kepercayaan masyarakat menurut R. Otto. Hasil dari penelitian ini membahas Bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap Puyang Semiluan di desa Taja Indah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin yakni mengakibatkan kebiasaan yang sedikit sulit berubah. Dakwah yang sulit diterima. Kurangnya pengetahuan sebagian masyarakat tentang ajaran agama Islam. Adapun strategi dakwah tokoh agama dalam meluruskan kepercayaan masyarakat terhadap Puyang Semiluan di desa Taja Indah Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin yakni dengan melakukan. Pelatihan dan pembinaan majlis ta’lim. Kajian tradisi, dan melibatkan remaja pada kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Tokoh Agama, Kepercayaan Masyarakat, Puyang Semiluan.
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ARIYANTO 1930504087
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:34
Last Modified: 03 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item View Item