PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 6 KOTA PALEMBANG

Eka Fitri, Ramadini (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 6 KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I RAMADINI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB V RAMADINI.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa cepat merasa jenuh, kurang menyenangkan dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran materi IPA. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang berbentuk miniatur seperti media diorama. Media diorama adalah tampilan miniatur yang digunakan untuk menggambarkan suatu pemandangan yang nyata, yaitu tiruan dari suatu objek atau pemandangan yang mengandung suatu gambar, dan pemandangan tersebut mengambil benda-benda di sekitarnya sebagai keadaan awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan media diorama pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah 6 Kota Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak diterapkan media diorama pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah 6 Kota Palembang, (3) Adakah pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 6 Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpalan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 6 Kota Palembang yang diterapkan media diorama di kelas eksperimen diperoleh nilai pretest terdapat 7 peserta didik yang tuntas (23,3%) dan 22 peserta didik yang tidak tuntas (76,6%), sedangkan nilai posttest diperoleh 19 peserta didik yang tuntas (65,5%) dan 10 peserta didik yang tidak tuntas (34,5%). (2) Hasil belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah 6 Kota Palembang kelas kontrol yang tidak diterapkan media diorama diperoleh nilai pretest 8 peserta didik yang tuntas (26,7%) dan 22 peserta didik yang tidak tuntas (73,2%), sedangkan nilai posttest diperoleh 19 peserta didik yang tidak tuntas(36,7%) dan 11 peserta didik yang tuntas (63,2%). (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T dengan rumus independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha diterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,0007 dan 0,0006 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media diorama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA di SD Muhammadiyah 6 Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media diorama, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:14
Last Modified: 06 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28762

Actions (login required)

View Item View Item