TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP SANKSI BAGI PELAKU PEMASARAN BENIH BENING LOBSTER SECARA ILEGAL (STUDI PUTUSAN NOMOR: 6/PID.SUS-PRK/2021/PN PLG)

Muhammad, Haikal and Arne, Huzaimah and UNSPECIFIED (2023) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP SANKSI BAGI PELAKU PEMASARAN BENIH BENING LOBSTER SECARA ILEGAL (STUDI PUTUSAN NOMOR: 6/PID.SUS-PRK/2021/PN PLG). Diploma thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
File Skripsi Upload Repository .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil objek tindak pidana pemasaran benih bening loster secara ilegal pada putusan PN Palembang. Pemasaran benih bening lobster secara ilegal dilarang oleh Hukum Pidana Islam dan begitu juga dalam Undang-Undang sebab perbuatan tersebut dapat merugikan negara serta merusak kelestarian alam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apa Dasar pertimbangan hakim pada sanksi pidana terhadap pelaku pemasaran benih bening lobster secara ilegal (Studi Putusan Nomor: 6/Pid.Sus-PRK/2021/PN.Plg)? (2) Bagaimana sanksi tindak pidana terhadap pelaku pemasaran benih bening lobster secara ilegal ditinjau dari Hukum Pidana Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis normatif yang dilakukan melalui studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, sekunder, tersier. Data disajikan secara deskriptif kemudian menarik suatu kesimpulan berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Dasar pertimbangan hakim pada sanksi pidana terhadap pelaku pemasaran benih bening lobster secara ilegal (Studi Putusan Nomor: 6/Pid.Sus-PRK/2021/PN.Plg) adalah Pasal 92 jo. Pasal 26 ayat (1) UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan jo. Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUH Pidana, dan pertimbangan hakim tersebut telah memenuhi aspek-aspek, baik dari aspek yuridis, sosiologis, maupun filosofis. (2) Sanksi tindak pidana terhadap pelaku pemasaran benih bening lobster secara ilegal ditinjau dari Hukum Pidana Islam adalah dikenakan hukuman ta‟zir dikarenakan tidak memenuhi unsur jarimah lainnya dan tidak ada dalil yang menentukan hukuman didalam Al-Qur’ an dan Hadits mengenai kasus ini. Kata Kunci: Sanksi, Pemasaran Benih Bening Lobster, Secara Ilegal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: MUHAMMAD HAIKAL
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:07
Last Modified: 11 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item