PENERAPAN SANKSI TERHADAP OKNUM POLISI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Penelitian Di Kepolisian Daerah Sumatera Selatan)

Ahmad Soleh, Ahmad (2023) PENERAPAN SANKSI TERHADAP OKNUM POLISI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Penelitian Di Kepolisian Daerah Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AHMAD_SOLEH[2].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Sanksi Terhadap Oknum Polisi Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Penelitian Di Kepolisian Daerah Sumatera Selatan). Dilatar belakangi oleh banyaknya anggota polisi yang terjerat Narkotika baik pengguna maupun pengedar dan seharusnya tugas pokok polisi sebagai penegak hukum yaitu memberikan pengayoman, pengamanan, dan menjadi pelindung bagi masyarakat namun pada kenyataannya masih banyak tidak menjalankan tugas sebagaimana semestinya. Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu, yang pertama adalah bagaimana penerapan sanksi terhadap oknum Polisi Daerah Sumatera Selatan yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika, yang kedua yaitu bagaimana analisis hukum pidana Islam terhadap terhadap oknum Polisi Daerah Sumtera Selatan yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sanksi baik dari segi hukum positif maupun dari segi hukum Islam. Tempat penelitian ini di Kepolisian Daerah Sumatera Selatan yang beralamat di Jl, Jendral Sudirman KM 3,5, Pahlawan, Kemuning, Kota Palembang. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif yaitu meneliti langsung ke lokasi penelitian. Sedangkan sumber data penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu Data Primer, Data Skunder, dan Data Tersier. Dalam penelitian ini terdiri dari dua alat pengumpulan data yaitu dari Keperpustakaan dan Wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif, dengan menguraikan sejelas-jelasnya seluruh inti permasalahan yang ada dalam rumusan masalah secara sistematis, faktual dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis maka dapat disimpulkan, bahwa Penerapan Sanksi Terhadap Oknum Polisi Daerah Sumatera Selatan Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika yakni cara penyelesaian perkaranya dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, yang pertama melalui peradilan umum, kedua melalui sidang kode etik kepolisian dan yang ketiga melalui sidang disiplin. Dalam penjatuhan sanksi tersebut telah sesuai dengan penerapan sebagaimana mestinya. Adapun pandangan hukum pidana islam terhadap terhadap oknum Polisi Daerah Sumtera Selatan yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika dikenakan hukuman ta’zir, untuk jenis hukuman dan besar kecilnya hukuman yang akan diberlakukan keputusan para hakim yang berwenang untuk menjatuhkan hukuman perkara sesuai dengan tingkat pelanggarannya. Kata Kunci : Sanksi pidana, Narkotika, Kepolisian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: AHMAD SOLEH 1810103003
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:07
Last Modified: 11 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28830

Actions (login required)

View Item View Item