MAKNA PESAN MORAL DALAM KESENIAN LISAN TEMBANG BATANG HARI SEMBILAN SKRIPSI Diajukan Untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana S1 Dalam Program Studi Ilmu Komunikasi OLEH : Ristih NIM : 1910701017 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG 1444H/2023 M (Studi Desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin)

Ristih, Ristih (2023) MAKNA PESAN MORAL DALAM KESENIAN LISAN TEMBANG BATANG HARI SEMBILAN SKRIPSI Diajukan Untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana S1 Dalam Program Studi Ilmu Komunikasi OLEH : Ristih NIM : 1910701017 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG 1444H/2023 M (Studi Desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
RISTIH 1910701017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui makna pesan moral yang terdapat pada setiap bait tembang batang hari sembilan karena masih banyak masyarakat yang kurang memahami pesan moral dalam setiap bait tembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif berdasarkan pendekatan teori Semotika Roland Bartes. Teknik pengumpulan data dengan melakukan analisis yang berfokus pada bait-bait Tembang batang hari sembilanyang termasuk dalam kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari Penelitian ini ditemukan bahwa terdapat tujuh bait tembang yang mengandung pesan moral. Bait pertama mengandung pesan moral kerendahan hati, bait kedua Bersikap sabar, bait ketiga bersikap tabah, bait keempat saling menasehati antar Sesama, bait kelima belajar hidup mandiri, bait keenam bijaksana dalam Menentukan pilihan, dan bait ketujuh bertakwa kepada Tuhan yang maha esa. Kata kunci : Kesenian, Moral, Tembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:08
Last Modified: 11 Jul 2023 03:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item View Item