PERLINDUNGAN HUKUM ATAS UPAH KURIR TERHADAP PENOLAKAN PEMBAYARAN OLEH KONSUMEN DALAM TRANSAKSI CASH ON DELIVERY PADA PERUSAHAAN PENGIRIMAN J&T

Arya, Wijaya (2023) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS UPAH KURIR TERHADAP PENOLAKAN PEMBAYARAN OLEH KONSUMEN DALAM TRANSAKSI CASH ON DELIVERY PADA PERUSAHAAN PENGIRIMAN J&T. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
A5 Arya-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
A5 Arya-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peristiwa yang terjadi di Indonesia ini dimana pembeli atau konsumen pada online shop dengan sistem pembayaran secara COD (Cash On Delivery) pada saat ini masih banyak konsumen yang menolak melakukan pembayaran ketika barang yang telah dipesan oleh konsumen sudah sampai ke alamat konsumen, ini menimbulkan kerugian yang besar terhadap kurir sebagai perantara antara penjual dan pembeli dalam online shop. Berdasarkan latar belakang tersebut, terdapat dua hal yang dikaji didalamnya yaitu: 1) Bagaimana Perlindungan Hukum atas Upah Kurir Terhadap Penolakan Konsumen Untuk Membayar Dalam Transaksi Cash On Delivery pada perusahaan pengiriman J&T? , 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Perlindungan Hukum atas Upah Kurir Terhadap Penolakan Konsumen Untuk Membayar Dalam Transaksi Cash On Delivery pada perusahaan pengiriman J&T? Metodelogi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dan penelitian ini menggunakan jenis data penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Perlindungan hukum atas upah kurir terhadap penolakan pembayaran oleh konsumen dalam transaksi cash on delivery pada perusahaan pengiriman J&T, jika kurir tidak dibayar oleh konsumen dalam transaksi tersebut maka kurir tidak dibayar oleh perusahaan dan tidak diberikan bonus apabila dalam satu hari kurir tidak bisa memenuhi target pengiriman barang tersebut. Perbuatan pembeli yang menolak membayar barang yang telah diterima dapat dikategorikan sebagai bentuk wanprestasi dan dapat di tuntut ganti rugi atau pembatalan pembelian.2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap perlindungan hukum atas upah kurir terhadap penolakan pembayaran oleh konsumen dalam transaksi cash on delivery pada perusahaan pengiriman J&T, konsumen wajib membayarkan upah ongkos kirim kepada kurir dan dijelaskan dalam KHES bahwa pihak yang tidak menepati janjinya tersebut akan dikenakan sanksi berupa ganti rugi, pembatalan akad, peralihan resiko, dan denda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ARYA WIJAYA 1830104182
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:36
Last Modified: 13 Jul 2023 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28837

Actions (login required)

View Item View Item