ANALISIS PENDISTRRIBUSIAN ZAKAT FITRAH BERBASIS MASJID (STUDI PADA MASJID DI KELURAHAN KENTEN KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN)

Fajriyanti, Nadia (2023) ANALISIS PENDISTRRIBUSIAN ZAKAT FITRAH BERBASIS MASJID (STUDI PADA MASJID DI KELURAHAN KENTEN KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Mayoritas umat muslim kelurahan Kenten membayarkan zakat fitrah kepada masjid-masjid terdekat di sekitar tempat tinggal mereka. Hal ini merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun pada saat bulan Ramadhan. Pendistribusian zakat fitrah sangat erat kaitannya dengan tujuan utama dari zakat fitrah yaitu untuk membersihkan jiwa dan memberikan makan kepada fakir dan miskin. Dalam menciptakan keadilan bagi penerima zakat, zakat harus didistribusikan dengan tepat sasaran agar tidak terjadi kecemburuan sosial dan dzolim terhadap masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendistribusian zakat fitrah berbasis masjid di Kelurahan kenten serta untuk mengetahui tinjauan manajemen zakat terhadap pendistribusian zakat fitrah berbasis masjid di kelurahan Kenten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendistribusian zakat fitrah pada masjid baitul hamid, masjid baitul aziz, dan masjid baitussalim dalam bentuk beras dan uang. Dengan jumlah beras sebanyak 2,5 kg sampai 5 kg per mustahik, begitupun dengan zakat fitrah dalam bentuk uang sebesar Rp. 30.000- Rp.50.000 per mustahik. Pendistribusian zakat fitrah disalurkan dengan memprioritaskan kepada golongan fakir dan miskin. Namun, masyarakat masih memiliki persepsi mengenai panitia zakat fitrah sebagai amil zakat dan diberikan bagian dari zakat fitrah. Dalam tinjauan manajemen zakat, pendistribusian zakat fitrah berbasis masjid dikelurahan kenten sudah sesuai. Namun belum sempurna. Karena pengawasan yang dilakukan belum ada pengawasan dari lembaga pengelola zakat. Kata Kunci : Pendistribusian, Zakat Fitrah, Manajemen Zakat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian, Zakat Fitrah, Manajemen Zakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NADIA FAJRIYANTI
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:30
Last Modified: 17 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item