RITUAL PEMANDIAN KENDARAAN BARU DENGAN BACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN (Study Living Qur’an di Desa Purwosari, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin)

Kurniawan, Arif (2022) RITUAL PEMANDIAN KENDARAAN BARU DENGAN BACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN (Study Living Qur’an di Desa Purwosari, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER ARIF KURNIAWAN.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ARIF KURNIAWAN.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI (ISI) ARIF KURNIAWAN BAB I - VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ARIF KURNIAWAN.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemahaman masyarakat terhadap ayat-ayat yang digunakan dalam ritual pemandian kendaraan baru di desa Purwosari. Studi ini dimaksudkan utuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana pemahaman masyarakat terhadap ayat-ayat al-Qur’an dalam ritual pemandian kendaraan baru? 2) bagaimana landasan historis teologis praktik dan keutamaan ayat-ayat al-Qur’an dalam ritual pemandian kendaraan baru? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) yaitu penelitian yang berbasis pada data-data lapangan yang terkait dengan objek yang akan diteliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data melalui tiga cara, 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan ayat-ayat dalam ritual ini berdasarkan pemahaman dan keyakinan masyarakat bahwa setiap surat dan ayat memiliki kegunaan dan keutamaan masing-masing yang dipercaya mampu membawa kemaslahatan. Adapun landasan historis teologis dari praktik ritual ini adalah sebuah hadis anjuran berdoa bagi orang yang pertama kali memegang unta yang dikaitkan dengan masa kini yakni sebuah kendaraan. Dari surat-surat yang dipakai, surat al-Falaq dan an-Nas menjelaskan tentang kejahatan tersebut, kejahatan internal sebab bisikan jin dan setan, kemudian kejahatan eksternal yang dilakukan oleh manusia lain. Kata Kunci : Syukur, Ritual, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Syukur, Ritual, Al-Qur’an
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: ARIF KURNIAWAN 1653700006
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:37
Last Modified: 13 Jul 2023 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28874

Actions (login required)

View Item View Item