PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), INTELLECTUAL CAPITAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH

FITRIANINGSIH, AMRUL (2023) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), INTELLECTUAL CAPITAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK UMUM SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Good Corporate Governance, Intellectual Capital dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Umum Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder. Populasi yang digunakan adalah seluruh Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia dari tahun 2015-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 56 sampel yang berasal dari 8 bank umum syariah. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji T, dan uji F dengan bantuan SPSS 23. Variabel dependen (Y) yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang diproksikan oleh return on assets (ROA). Sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah good corporate governance (X1) yang diproksikan oleh dewan komisaris, dewan komisaris independen, komite audit dan dewan pengawas syariah. intellectual capital(X2) yang diproksikan dengan nilai iB-VAIC™ dan ukuran perusahaan (X3) yang diproksikan dengan total aset. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial good corporate governance dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan intellectual capitaltidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan. Secara simultan good corporate governance, intellectual capital, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Ketiga variabel independen good corporate governance, intellectual capital, dan ukuran perusahaan berkontribusi sebesar 10,7% terhadap kinerja keuangan pada penelitian, sedangkan sisanya 89,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Intellectual Capital, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan(Return On Assets)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan > Bank tabungan
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: AMRUL FITRIANINGSIH 1720603070
Date Deposited: 13 Jul 2023 11:45
Last Modified: 13 Jul 2023 11:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28893

Actions (login required)

View Item View Item