Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi

Febriyanti, Quratul Aini (2023) Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Quratul Aini Febriyanti (BAB 1)-16-25.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Quratul Aini Febriyanti (BAB V)-157-159.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kurangnya kemampuan penalaran matematis pada materi Relasi dan Fungsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu development study dengan menggunakan alur pengembangan preliminary research dan prototyping stage (formatif evaluation alur Tessmer). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi memenuhi kategori valid berdasarkan bedasarkan komentar dan saran dari validator serta hasil analisis perhitungan angket pakar rata-rata sebesar 100%, (2) LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi memenuhi kategori praktis berdasarkan hasil komentar, saran dan wawancara menyatakan LKPD dengan model PBL praktis digunakan dan hasil analisis perhitungan angket peserta didik rata-rata sebesar 82,33%, (3) LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi relasi dan fungsi memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis berdasarkan hasil analisis perhitungan tes peserta didik yang memiliki persentase sebesar 77,17%. Pembelajaran dengan LKPD dengan model Problem Based Learning (PBL) ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Relasi dan Fungsi
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:30
Last Modified: 17 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28902

Actions (login required)

View Item View Item