PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA SMP

Shandy, Yoshu Febrian (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA SMP. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB V.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kevalidan, kepraktisan dan efek potensial dari media pembelajaran berbasis komputer dengan pendekatan kontekstual pada operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research dan Development (R&D). Metode penelitian pengembangan dari Tessmer yang difokuskan pada dua tahapan yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang terdiri dari tahap self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, wawancara dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 9 Palembang kelas VII.4 pada tahap one to one dan small group, sedangkan subjek pada tahap field test adalah peserta didik kelas VII.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer termasuk dalam kategori valid, sangat praktis dan memiliki efek potensial. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata validator 4,06 dengan kategori valid. Berdasarkan angket kepraktisan peserta didik tahap one to one 4,33 , small group 4,78 dan tahap field test diperoleh rata-rata 4,35 yang berarti masuk dalam kriteria sangat praktis. Efek potensial dengan kategori baik berdasarkan post test peserta didik pada tahap field test dengan persentase sebesar 76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran , Pendekatan Kontekstual, Pengembangan.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN FITK
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:30
Last Modified: 17 Jul 2023 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28904

Actions (login required)

View Item View Item