PRAKTIK PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN ALAT SETRUM MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN PAJAR BULAN KABUPATEN LAHAT)

Ergi, Ahmad Emerson (2023) PRAKTIK PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN ALAT SETRUM MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI DI DESA PULAU PANGGUNG KECAMATAN PAJAR BULAN KABUPATEN LAHAT). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ERGI AHMAD EMERSON BARU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Praktik Penangkapan Ikan Menggunakan Alat Setrum Menurut Hukum Pidana Islam (Studi Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat )”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Praktik Penangkapan Ikan Menggunakan Alat Setrum Menurut Hukum Pidana Islam Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Kedua, Bagaimana Pandangan Hukum Islam Terhadap Praktik Penangkapan Ikan Menggunakan Alat Setrum Di Desa Pulau Panggung Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Penelitian ini bersifat Empiris yang meneliti langsung kelokasi penelitian, sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, yaitu Data Primer, Data Skunder, Data Tersier. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif, dengan menguraikan secara sisematis, faktual dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis maka dapat disimpulkan, bahwa Praktik penangkapan ikan mengunakan alat setrum di Desa Pulau Panggung Kecamatan Pajar Bulan masih dilakukan oleh beberapa masyarakat meskipun sudah ada peraturan yang melarang, alat yang digunakan untuk menangkap ikan menggunakan setrum ini yaitu : satu set alat setrum, senter, pisau, dan alat lain-lain. Alat didapat dengan membeli kepada orang desa yang bisa merakit sendiri alat setrum tersebut. Untuk dampak yang ditimbulkan yaitu membuat ikan-ikan menjadi berkurang dan merugikan bagi masyarakat lain yang menangkap ikan dengan cara tradisional seperti memancing dan menjala. Dalam hukum positif Indonesia praktik penangkapan ikan menggunakan setrum merupakan tindak pidana di atur dalam Undang-undang Nomor 45 Tahun 2009 perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang perikanan. Dalam Hukum Pidana Islam praktik penangkapan ikan menggunakan setrum merupakan tindak pidana yang dimana dapat meresahkan dan menganggu kemaslahatan umum maka termasuk dalam jarimah ta’zir yang dimana hukumanya ditentukan oleh hakim karena hukumanya tidak diatur dalam Al-Quran dan As-sunah. Kata Kunci : Praktik, Alat Setrum, Hukum Pidana Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: ERGI AHMAD EMERSON 1810103019
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:34
Last Modified: 18 Jul 2023 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28958

Actions (login required)

View Item View Item