IMPLEMENTASI SEMA NOMOR 3 TAHUN 2015 TERHADAP PENAMBAHAN NAFKAH ANAK DAN RELEVANSINYA DENGAN KEADILAN HUKUM (Studi Putusan Cerai Gugat Nomor : 434/Pdt.G/2021/PA.PLG)

Febriani, Luluk (2023) IMPLEMENTASI SEMA NOMOR 3 TAHUN 2015 TERHADAP PENAMBAHAN NAFKAH ANAK DAN RELEVANSINYA DENGAN KEADILAN HUKUM (Studi Putusan Cerai Gugat Nomor : 434/Pdt.G/2021/PA.PLG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Putusan hakim menjadi parameter mengukur kualitas kepiawaian dan kemampuan hakim dalam menegakkan keadilan. Lahirnya SEMA Nomor 3 Tahun 2015 tentang Penambahan Nafkah Anak pada Pengadilan Agama Palembang memberikan bentuk kepastian hukum, sehingga denggan adanya SEMA ini terjaminnya hak-hak anak yang ditinggalkan dalam aspek kebutuhan berupa sandang, pangan dan papan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang bersifat deskriptif-analitis. Penulis melakukan penelitian di Pengadilan Agama Palembang. Sumber data primernya yaitu wawancara kepada Ketua Pengadilan, Majelis Hakim, dan Panmud Hukum Pengadilan Agama Palembang. Data sekundernya adalah data sebagai penunjang dari data primer yang berhubungan dengan masalah yang akan di teliti seperti buku, jurnal, maupun dokumen. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Setelah data-data dan bahan hukum terkumpul, selanjutnya analisis data dilakukan. Dalam hal ini, penulis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Kemudian untuk menarik kesimpulan terhadap data yang telah terkumpul, penulis membuat kesimpulan dari data yang bersifat umum ke data yang bersifat khusus atau dengan kata lain secara deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pertimbangan majelis hakim Pengadilan Agama Palembang dalam mengimplementasikan SEMA Nomor 3 Tahun 2015 pada putusan Nomor : 434/Pdt.G/2021/PA.PLG sesuai dengan azas keadilan, didasarkan atas kebutuhan riil anak, angka kelayakan hidup minimum berdasarkan inflasi (indeks harga konsumen) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia/Bank Central Republik Indonesia rata-rata pertahun di bawah 10% (sepuluh persen) dan hal inipun sesuai kemampuan finansial ayah. Lalu relevansinya dengan keadilan hukum jika dikaitkan dengan teori keadilan para filosof muslim, bahwa keadilan dalam Al-Qur’an tidak membedakan satu individu dengan individu lainnya atau kelompok satu dengan kelompok lainnya. Mereka adalah manusia yang hidup dalam suatu kodrat kemajemukan, karena sangat jelas sekali jika dipandang dari Maqashid Syariah tentang penambahan nafkah anak 10% sampai 20% pertahun, untuk menciptakan hukum yang memberikan kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Impelementasi SEMA Nomor 3 Tahun 2015, Penambahan nafkah anak, Keadilan Hukum.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: LULUK FEBRIANI 1930101095
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:13
Last Modified: 25 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item