SISTEM PENENTUAN UPAH TENAGA KERJA HOME INDUSTRY PERSPEKTIF ASAS KEADILAN (STUDI PADA HOME INDUSTRY LEMARI ALUMINIUM DI KELURAHAN PAYUPUTAT KECAMATAN PRABUMULIH BARAT)

Anggraini, Epin (2023) SISTEM PENENTUAN UPAH TENAGA KERJA HOME INDUSTRY PERSPEKTIF ASAS KEADILAN (STUDI PADA HOME INDUSTRY LEMARI ALUMINIUM DI KELURAHAN PAYUPUTAT KECAMATAN PRABUMULIH BARAT). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SKRIPSI EPIN ANGGRAINI (1930104197).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan pengupahan yang terjadi di home industry lemari aluminium di Kelurahan Payuputat Kecamatan Prabumulih Barat yang bervariasi, adanya beberapa pendapat atau keluhan dari tenaga kerja bahwa upah yang mereka terima tidak tetap. Apakah upah tersebut sudah adil atau belum. Sehingga perlu dikaji bagaimana hukum Islam mengatur dalam menilai hal ini. Adapun rumusan masalah dari skripsi ini: (1) Bagaimana sistem penentuan upah tenaga kerja home industry lemari aluminium di Kelurahan Payuputat Kecamtan Prabumulih Barat, (2) Bagaimana sistem penentuan upah tenaga kerja home industry lemari aluminium perspektif asas keadilan di Kelurahan Payuputat Kecamtan Prabumulih Barat. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau (field research) dan jenis data yang digunakan yaitu penelitian Hukum empiris. Teknik pengumpulan datanya diperoleh dari wawancara dan dokumentasi di lapangan sebagai data primer dan berbagai literatur yang berhubungan dengan pokok kajian sebagai data sekunder. Hasil kajian ditelaah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Sistem pengupahan yang digunakan pemilik usaha dan tenaga kerja menggunakan sistem upah Borongan dengan memberikan upah berdasarkan hasil jenis lemari dan model lemari yang di produksi dan tingkat kesulitan dalam pembuatan lemari aluminium. Dalam pemberian upah para pemilik home industry lemari aluminium juga memberikan upah sesuai dengan perjanjian dan jenis pekerjaan yang dipikulnya serta hasil yang diperoleh oleh tenaga kerja. (2) Perspektif asas keadilan Islam terhadap sistem penentuan upah yang diterapkan di home industry lemari aluminium di Kelurahan Payuputat Kecamatan Prabumulih Barat adalah, Pemilik usaha dalam penentuan besaran upah menggunakan prinsip keadilan yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan dan membedakan upah antara pembuatan lemari yang tingkat kesulitan tinggi dan rendah. Adil dalam Islam adalah pekerja akan memperoleh upah sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum sosial
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: EPIN ANGGRAINI 1930104197
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:35
Last Modified: 24 Jul 2023 01:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29092

Actions (login required)

View Item View Item