ANALISIS HUKUM PERIKATAN ISLAM TERHADAP MEKANISME PEMBUATAN PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (OUTSOURCING) DAN RELEVANSINYA DENGAN KEPASTIAN HUKUM (STUDI DI KANTOR PT. PERSONEL ALIH DAYA)

Pita, Novita Ade Aryani (2023) ANALISIS HUKUM PERIKATAN ISLAM TERHADAP MEKANISME PEMBUATAN PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (OUTSOURCING) DAN RELEVANSINYA DENGAN KEPASTIAN HUKUM (STUDI DI KANTOR PT. PERSONEL ALIH DAYA). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
Skripsi Full Novita Ade Aryani (1930104187).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keterkaitan kerja mestinya dibuat sesuai atas kesepakatan antara pihak-pihak yang membuatnya. Namun, kenyataan pada praktiknya masih sangat jauh dari harapan, terkhusus untuk pekerja unskillabour. Sehingga ketetapan terkait outsourcing perlu di reformasi, terkhusus pada bidang hubungan kerja. Para pekerja perusahaan memberikan pekerjaan melalui perusahaan outsourcing, dengan sistem PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), bahwa setiap pekerja berhak menerima bayaran dan penetapan setara seperti halnya para pegawai yang bekerja di perusahaan yang memberikan keja tanpa melewati badan yang menyalurkan pekerja dengan jalur outsourcing. Penerapan perjanjian dengan pelaksanaan mekanisme outsourcing sudah cukup banyak diterapkan para subjek produksi serta jasa karena dinilai cenderung lebih efektif dan efisien bagi perusahaan. Sejauh ini isi dari kandungan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan kesepakatan kerja yang dibuat oleh para pihak terkait sudah cukup untuk dapat melindungi hak para pekerja (pihak) namun belum terealisasikan sebagaimana mestinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Temuan penelitian terkait mekanisme pembuatan perjanjian kerja waktu tertentu dalam sistem kerja outsourcing, harus adanya kesepakatan antara kedua belah pihak dan kerelaan dalam melakukan perjanjian akad kerjasama tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum sosial
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: NOVITA ADE ARYANI 1930104187
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:37
Last Modified: 24 Jul 2023 01:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item