UJI KADAR ALKOHOL PADA TAPAI KETAN PUTIH DAN SINGKONG MELALUI FERMENTASI DENGAN DOSIS RAGI YANG BERBEDA DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS XII SMA/MA (Skripsi)

Ulandari, Resti (2016) UJI KADAR ALKOHOL PADA TAPAI KETAN PUTIH DAN SINGKONG MELALUI FERMENTASI DENGAN DOSIS RAGI YANG BERBEDA DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI KELAS XII SMA/MA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Resti Ulandari_TarBio.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alkohol banyak digunakan dalam industri, diantaranya merupakan pelarut, sebagai sintesis dalam Industri kimia dan pada masa sekarang alkohol juga digunakan untuk bahan bakar mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kadar alkohol yang terdapat dalam tapai ketan putih dan singkong dengan dosis ragi yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Kimia Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang pada bulan Agustus 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial yang terdiri dari dua faktor, yaitu jenis bahan fermentasi: (tapai ketan putih dan singkong) dan dosis ragi : (0,5%, 1% dan 1,5%) dengan empat kali ulangan. Data dianalisis dengan ANOVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (BJND) pada taraf 1%. Berdasarkan hasil analisis kadar alkohol menunjukkan bahwa jenis bahan nilai Fhit = 82,14 > Ftab = 8,29 dan dosis ragi F hit = 40, 71 > F tab = 6,01 sedangkan interaksi jenis bahan dan dosis ragi nilai F hit = 1,43 < F tab = 6,01. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan sangat nyata terhadap kadar alkohol hasil fermentasi tapai ketan putih dan singkong. 2) Ada pengaruh yang sangat nyata dari dosis ragi yang berbeda terhadap kadar alkohol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kadar alkohol, ragi, singkong, tapai ketan putih,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 Apr 2016 06:40
Last Modified: 20 Apr 2016 06:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item