ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS BMT MITRA KHAZANAH PALEMBANG)

Oktarina, Nadela (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS BMT MITRA KHAZANAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
11Skripsi gabungan Nadela newwww.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BMT lahir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan memberikan solusi pendanaan yang mudah dan cepat. terhindar dari jerat rentenir, dan mengacu pada prinsip Syari’ah. BMT Mitra Khazanah Palembang sebagai salah satu lembaga keuangan Syari’ah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing, oleh sebab itu, sangat diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dalam perspektif ekonomi Syari’ah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada BMT Mitra Khazanah Palembang. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Mitra Khazanah Palembang dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dalam perspektif ekonomi Syariah, adalah dengan menggunakan konsep bauran pemasaran yaitu strategi produk, tempat, harga dan promosi. Strategi pemasaran produk BMT Mitra Khazanah Palembang yang paling unggul yaitu dengan adanya produk Murabahah yang sangat transparan dan tidak membebani anggota/nasabah yang menikmati produk tersebut. Baik dari segi Akhlak para karyawannya, maupun dari segi harga yang sangat terjangkau dan berpedoman teguh pada prinsip Syariah, membuat BMT Mitra Khazanah Palembang tetap memiliki keunggulan kompetitif di mata para anggota/nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: ​​Strategi Pemasaran, Produk, Keunggulan Kompetitif, Ekonomi Syariah, BMT
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Filsafat dan Teori Ekonomi
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Sistem-sistem ekonomi sosialis (Sosialisme)
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NADELA OKTARINA 1830602216
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:43
Last Modified: 24 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item