PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Sari, Dinda Puspa (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
SKRIPSI DINDA.zip
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah 1 Palembang”. Yang dilatar belakangi upaya meningkatkan kinerja guru dipengaruhi oleh peran kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumber daya sekolah, khususnya yang berkaitan dengan sumber daya manusia seperti tenaga kependidikan. Dalam konteks ini, kepala sekolah dituntut mampu mengarahkan dan meningkatkan kinerja guru dalam mengajar, sehingga tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, 2) Faktor penghambat dan pendukung peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif lapangan. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis Data menggunakan Reduksi Data, Penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi, Triangulasi dalam pengujian kreabilitasi ada tiga macam yaitu : Triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah 1 Palembang dilakukan dalam bentuk menyikapi visi dan misi sekolah, petunjuk atau informasi mengenai tugas-tugas guru, pemberian semangat dan komitmen terhadap tugas guru, peningkatan profesionalisme guru, pengawasan dalam peningkatan kinerja guru. Guru SMA Muhammadiyah 1 Palembang menunjukkan kinerja yang baik dalam aspek perencanaan pembelajaran dan aspek pengelolaan kelas. Sedangkan dalam aspek penggunaan metode, media, dan sumber belajar, kinerja guru dalam hal ini masih kurang, karena kurang kreatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang mendorong siswa belajar aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Psikologi pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: DINDA PUSPA SARI 1930203069
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:41
Last Modified: 24 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item