Tijauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Kurir Yang Meminta Tambahan ongkos kirim ketika barang datang (studi kasus cabang j&t emat lawang)

Cindy Pitia Wulandari, Cindy (2023) Tijauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Kurir Yang Meminta Tambahan ongkos kirim ketika barang datang (studi kasus cabang j&t emat lawang). Diploma thesis, UIN RADENFATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi A5 Cindy pitia wulandari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Kurir Yang Meminta Tambahan Ongkos Kirim Ketika Barang Datang (Studi Kasus Cabang J&T Empat Lawang)”. Adapun permasalahan penelitian sebagai baerikut : 1. Apa alasan kurir meminta tambahan ongkos kirim ketika barang datang? 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap kurir yang meminta tambahan ongkos kirim ketika barang datang? Adapun tujuan penelitian ini : a. Guna mengetahui alasan kurir meminta tambahan ongkos kirim ketika barang datang. b. Guna mengetahui bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap kurir yang meminta tambahan ongkos kirim ketika barang datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan (Field Research). Sumber data yang digunakan ialah data primer berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data sekunder didapatkan dari buku-buku, jurnal, skripsi, dan data tersier dari KKBI dan internet. Dapat disimpulkan bahwa, 1. Alasan pihak kurir dengan adanya meminta tambahan ongkos kirim ketika barang datang antara lain yaitu : rumah terlalu jauh, hujan sehingga jalanan tidak bagus, alamat tidak tepat atau tidak sesuai titik, terutama ketika pengiriman didaerah-daerah plosok. Dan alasan yang tertentu dikarenakan pembeli tidak ada dirumah, nomor tidak aktif dan uang COD juga tidak dititipkan ketetangga setempat. 2.Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap kurir yang meminta tambahan ongkos kir im ketika barang datang (studi kasus cabanf J&T empat lawang), bahwa tidak dibolehkan dan tidak sesuai dengan rukun dan syarat serta prinsipprinsip pengupahan dalam Islam, karena upah itu harus jelas, tertentu, dan sesuatu yang memiliki nilai ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: CINDY PITIA WULANDARI 1810104010
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:10
Last Modified: 26 Jul 2023 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item