PENERAPAN CONFIDENTIALITY AGREEMENT DALAM TRADE SECRET MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH (STUDI KASUS DIMSUM SAMBAL MERCON PAHLAWAN)

SEPTIANI, PUTRI (2023) PENERAPAN CONFIDENTIALITY AGREEMENT DALAM TRADE SECRET MENURUT PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH (STUDI KASUS DIMSUM SAMBAL MERCON PAHLAWAN). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI SEPTIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Confidentiality Agreement Dalam Trade Secret Menurut Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Dimsum Sambal Mercon Pahlawan)”. Latar belakang permasalahan ini karena di zaman era modern sekarang banyak sekali produk yang mempunyai banyak inovasi dan kreativitas terkait dengan produk yang dijual. Dari mulai produk pakaian, tas, makanan, minuman dan masih banyak lagi sehingga produk tersebut mempunyai nilai ekonomi itu sendiri sehingga dengan hal tersebut perlu adanya melakukan sistem HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) agar produk tersebut dapat dilindungi dari unsur peniruan. Permasalahan skripsi ini (1) Bagaimana penerapan Confidentiality Agreement dalam trade secret (studi kasus Dimsum Sambal Mercon Pahlawan)? (2) Bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap penerapan Confidentiality Agreement dalam trade secret (studi kasus Dimsum Sambal Mercon Pahlawan)? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi dan objek penelitian ini dilaksanakan di Dimsum Sambal Mercon Pahlawan dengan pendekatan data yang dipakai ialah bersifat wawancara, dokumentasi dan analisis data dalam penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Jika dilihat dari proses penerapan Confidentiality Agreement dalam trade secret pada Dimsum Sambal Mercon Pahlawan berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa penerapan Confidentiality Agreement sudah diterapkan pada bisnis tersebut. Pemilik bisnis Dimsum Sambal Mercon Pahlawan sudah paham mengenai Confidentiality Agreement atau perjanjian kerahasiaan tersebut, sehingga dalam informasi rahasia dalam bisnis ini sudah dijaga dan dilindungi. (2) Secara umum jika ditinjau dari hukum ekonomi syariah pada confidentiality agreement atau perjanjian kerahasiaan tersebut sudah sesuai dengan konsep hukum ekonomi syariah yang mana pada konsep hukum ekonomi syariah tersebut sudah memenuhi persyaratan sah untuk melakukan perjanjian kerahasiaan dan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Confidentiality Agreement, Trade Secret, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: PUTRI SEPTIANI 1930104180
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:11
Last Modified: 26 Jul 2023 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29158

Actions (login required)

View Item View Item