RELEVANSI KEHADIRAN CALON PENGANTIN PADA BIMBINGAN PRANIKAH DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI DI KUA KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN).

Winata, Vina Pandu (2023) RELEVANSI KEHADIRAN CALON PENGANTIN PADA BIMBINGAN PRANIKAH DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA (STUDI DI KUA KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
Skripsi lah wisudah.Vinapw.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebelum menikah calon pengantin diharapkan mengikuti bimbingan pranikah, Pelaksanaan Bimbingan Pranikah dilakukan guna untuk membentuk komitmen yang kuat saat menjalani hubungan dalam keluarga, untuk mencapai keharmonisan tersebut peran bimbingan pranikah sangatlah penting. Karena keharmonisan keluarga sejatinya memiliki tempat istimewa bagi pasangan yang baru mau menikah. Dua masalah yang diangkat sebagai fokus penelitian. Pertama, apakah faktor-faktor penghambat bagi calon pasangan pengantin dalam mengikuti bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Kedua, bagaimana tinjauan hukum islam terhadap relevansi bimbingan pranikah dengan keharmonisan keluarga yang ada di KUA kecamatan rantau bayur kabupaten banyuasin. Metode yang di pakai untuk penelitian ini menggunakan pendekatan studi lapangan (field research) Bahan hukum yang digunakan adalah primer, dan sekunder. Teknik menganalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Faktor bagi calon pengantin pada bimbingan pranikah ialah karna masih banyak nya calon pengantin yang beralasan dalam ketidakikutsertaan untuk mengikuti bimbingan pranikah. Alasan mereka tidak mengikuti bimbingan pranikah tersebut salah satunya yaitu, waktu kerja calon pengantin yang kurang pas dengan jadwal bimbingan pranikah, Adanya jarak yang jauh serta sulit untuk di tempuh bagi calon pengantin, kurangnya minat dari diri calon pengantin untuk mengikuti bimbingan pranikah. Tinjauan Hukum Islam terhadap relevansi bimbingan pranikah dengan keharmonisan keluarga menunjukkan bahwa program bimbingan pranikah yang dilakukan di KUA memiliki kemaslahatan. Materi-materi yang disampaikannya pun tidak terlepas dari ajaran Hukum Islam artinya bimbingan pranikah ini memiliki keselarasan dengan hukum islam. Kata Kunci : Bimbingan Pranikah, Kantor Urusan Agama (KUA), Keharmonisan Keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: VINA PANDU WINATA 1930101116
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:16
Last Modified: 25 Jul 2023 07:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29161

Actions (login required)

View Item View Item