Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Akad Ba’i Al-Wafa Pada Sistem Gadai (Studi Kasus Petani Karet Di Desa Batumarta Sumatera Selatan)

Ibnu, Husein Abdullah (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Akad Ba’i Al-Wafa Pada Sistem Gadai (Studi Kasus Petani Karet Di Desa Batumarta Sumatera Selatan). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ibnu Full 12.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Akad Ba’i Al-Wafa Pada Sistem Gadai (Studi Kasus Petani Karet Di Desa Batumarta Sumatera Selatan), Sistem bai’ al wafa’ adalah jual beli yang dilakukan oleh seseorang yang membutuhkan uang tunai menjual harta yang diam (properti) dengan syarat apabila dia melunasi uang yang diambilnya maka ia dapat menarik kembali propertinya. Artinya selama orang tersebut belum mempunyai uang untuk membayarnya kembali maka properti tersebut tidak dapat dimiliki kembali.Gadai merupakan upaya untuk mendapatkan dana dengan cara memberikan barang jaminan kepada pemberi dana. barang jaminan ini akan dikembalikan lagi kepada kita pada saat dana yang dipinjam sudah dikembalikan dalam waktu yang telah disepakati. Penelitian dilakukan untuk mengetahui Bagaimana faktor-faktor yang melatar belakangi timbulnya akad ba’i al-wafa pada sistem gadai petani karet di desa batumarta sumatera selatan, Bagaimana mekanisme pelaksanaan praktik akad ba”i al-wafa pada sistem gadai petani karet di Desa Batumarta Sumatera Selatan dan bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik ba’i al-wafa petani karet di Desa Batumarta Sumatera Selatan. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif. yang dimana objek masalah menjadi fokus utama dari penelitian ini, yang menggunakannya sebagai studi kasus dengan pengambilan data dari lapangan dengan mengunakan teknik berupa pengamatan (Observasi). Sumber data primer di dapat dari wawancara kepada petani karet atau pemilik kebun karet, dan sumber data sekunder diproleh dari buku, skripsi, jurnal, website,dan artikel yang membahas tentang akad jual beli ba’i al-wafa. Dalam hal ini penulis menggunakan terknik analisis data normatif melalui sebuah pendekatan deskriptif kualitatif yang berupa fenomena sosial yang dialami masyarakat berdasarkan data kualitatif yang dilakukan secara sistematis, massif dan teriganisir. Hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa praktek ba’i al-wafa petani karet di Desa Batumarta Sumatera Selatan yakni jual beli yang dilangsungkan dengan syarat bahwa barang yang di jual tersebut dapat dibeli kembali oleh penjual apabila tenggang waktu yang telah disepakati. Berdasarkan penelitian dan pembahasan mengenai mekanisme pelaksanaan ba’i al-wafa pada petani karet, praktik ba’i al￾wafa di masyarakat batumarta dan juga teori ba’i al-wafa maka dapat dikatakan bahwa praktik jual beli yang terjadi di Desa Batumarta Sumatera Selataan tersebut ada yang sudah sesuai dengan hukum syarat dan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah dan ada juga yang masih belum dapat memenuhi syarat dan ketentuan dari Hukum Ekonomi Syariah karena menggunakan tempo/waktu tahunan dalam membayarnya. Kata Kunci: Ba’i al-wafa, petani karet, kebun karet, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: IBNU HUSEIN ABDULLAH 1910104003
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:11
Last Modified: 26 Jul 2023 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29174

Actions (login required)

View Item View Item