ANALISIS AKAD IJA̅RAH TERHADAP PENAMBAHAN BIAYA ANGKUTAN UMUM DI LUAR YANG DITETAPKAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA PALEMBANG (Studi Kasus : Angkutan Kota Kilometer (KM) 5 Palembang)

Kartikasari, Yunia (2023) ANALISIS AKAD IJA̅RAH TERHADAP PENAMBAHAN BIAYA ANGKUTAN UMUM DI LUAR YANG DITETAPKAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA PALEMBANG (Studi Kasus : Angkutan Kota Kilometer (KM) 5 Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Repostory Skripsi Yunia Kartikasari.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Harga minyak mentah di Indonesia pada umumnya tergolong tinggi dan kondisi negara sebagai penghasil minyak, maka dari itu pemerintah menaikkan bahan bakar minyak. Kenaikkan bahan bakar minyak mempengaruhi naiknya biaya angkutan umum, lalu kementerian perhubungan Kota Palembang bersama organisasi pengemudi angkutan Kota Palembang mencapai kesepakatan untuk menaikkan biaya angkutan umum. Namun kenaikkan biaya angkutan kota yang telah ditetapkan bersama belum sesuai dengan kenaikkan harga bahan bakar minyak membuat sopir angkutan kota kilometer 5 Palembang menaikkan biaya angkutan dengan sendirinya. Hal tersebut menjadi permasalahan yang peneliti angkat dalam tulisan ini yaitu penyabab adanya penambahan biaya angkutan umum di luar yang ditetapkan Dinas Perhubungan Kota Palembang dan analisis akad ija̅rah terhadap penambahan biaya angkutan kota kilometer 5 Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilihat dari sifatnya termasuk deskriptif kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada sopir, penumpang angkutan kota kilometer 5 Palembang dan Dinas Perhubungan Kota Palembang untuk mendapatkan data-data dalam melakukan penelitian dan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penambahan biaya yang dilakukan oleh sopir angkot tidak diperbolehkan dalam bentuk apapun karena sudah sesuai dengan rute yang ada di dalam peraturan dan hal tersebut melanggar Peraturan Walikota Palembang, namun ketika sopir meminta biaya tambahan di luar rute yang ditetapkan itu diperbolehkan karena jarak yang ditempuh berbeda dari rute yang ada di dalam Peraturan Walikota Palembang. Rukun dan syarat akad ija̅rah tidak terpenuhi apabila sopir belum menerapkan penambahan biaya sesuai dengan aturan dan menambahkan biaya angkot tidak sesuai kesepakatan bersama, membuat akad tersebut batal. Dalam kaidah fiqh semua bentuk muamalah adalah halal dan diperbolehkan kecuali ada dalil yang mengharamkannya, kemudian sesuai dengan teori akad ija̅rah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ija̅rah, Penambahan biaya, Angkutan
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: YUNIA KARTIKASARI 1930104203
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:12
Last Modified: 26 Jul 2023 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29181

Actions (login required)

View Item View Item