KETAATAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP TRANSAKSI PEMBAYARAN ATAS PEMAKAIAN GAS ALAM DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Karang Raja Kota Prabumulih)

Andini, Riska (2023) KETAATAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP TRANSAKSI PEMBAYARAN ATAS PEMAKAIAN GAS ALAM DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Karang Raja Kota Prabumulih). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Riska Andini.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul tentang “Ketaatan Hukum Masyarakat Terhadap Transaksi Pembayaran Atas Pemakaian Gas Alam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Studi Kasus di Desa Karang Raja Kota Prabumulih”. Dengan Latar Belakang Masalah pada penelitian ini dimana tingkat kesadaran masyarakat di Desa Karang Raja Tersebut menurun dimana masyarakatnya masih banyak yang mengabaikan untuk tidak membayar gas alam serta banyaknya yang menunggak walaupun dari pihak PD Petro Prabu sendiri sudah memberikan keringanan boleh mencicil tunggakan tersebut atau dengan tempo waktu yang tidak ditentukan, serta adanya pro dan kontra terhadap pemakaian gas alam ini, maka untuk mengetahui keabsahan transaksi pembayaran atas pemakaian gas alam sehingga perlu adanya penelitian yang secara komprehensif untuk membahasnya. Adapun permasalahan pada penelitian ini Pertama, bagaimana ketaatan hukum masyarakat terhadap pembayaran atas pemakaian gas alam di Desa Kota Prabumulih?. Kedua, bagaimana telaah hukum ekonomi syariah terhadap transaksi pembayaran atas pemakaian gas alam di Desa Karang Raja Kota Prabumulih?. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yakni mengumpulkan data yang diperoleh langsung di lapangan, melalui wawancara dengan pihak terkait, kemudian di analisis dengan cara deduktif yaitu menarik suatu kesimpulan dari suatu pernyataan-pernyataan yang bersifat umum kepada pernyataan yang bersifat khusus. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem yang digunakan dalam transaksi pembayaran atas pemakaian gas alam ini di Desa Karang Raja Kota Prabumulih yaitu saling tolong menolong yang mana pihak PD Petro Prabu memberikan keringanan berupa boleh mencicil tunggakan tersebut. Pelaksanaan transaksi pembayaran atas pemakaian gas alam di Desa Karang Raja Kota Prabumulih ini hukumnya boleh dan tidak bertentangan dengan hukum ekonomi syaraiah yang mana akad Bai mu'ajjal itu akad yang memberikan kemudahan terhadap orang yang membutuhkan dan tidak memiliki kemampuan membayar secara tunai, tidak ada unsur paksaan karena atas dasar saling ridho, serta memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa Karang Raja tersebut. Kata Kunci : Ketaatan Hukum, Transaksi, Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ketaatan Hukum, Transaksi, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: RISKA ANDINI 1920104036
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:54
Last Modified: 27 Jul 2023 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29231

Actions (login required)

View Item View Item