Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Direktorat Jenderal Pajak Dalam Meminimalisir Praktik Transfer Pricing Sebagai Optimalisasi Pendapatan Negara (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Palembang)

Efdika, Zanzamal (2023) Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Direktorat Jenderal Pajak Dalam Meminimalisir Praktik Transfer Pricing Sebagai Optimalisasi Pendapatan Negara (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI Zanzamal Efdika End Game.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penghasilan atau pendapatan suatu negara. Pajak sangat berperan penting dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan negara untuk lebih maju sehingga dapat bersaing dengan negara lain. sektor terbesar sebagai penyumbang pajak Indonesia saat ini berada pada bidang industri pengolahan atau manufaktur. namun disisi lain, pajak seringkali dianggap remeh oleh sebagian perusahaan. berbagai cara dilakukan perusahaan dalam menekan pengeluaran pajaknya, seperti memanipulasi laba atau melakukan praktik transfer pricing bahkan yang lebih buruk lagi yaitu penggelapan pajak. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode studi lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung pada lokasi yang diteliti untuk mendapatkan sumber informasi berupa wawancara langsung dengan narasumber dan literatur yang ada pada lokasi penelitian yang kemudian digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, praktik transfer pricing secara Hukum Ekonomi Syariah merupakan salah satu perbuatan yang dzha̅lim, dimana praktik tersebut memanipulasi harga atau laba perusahaan sehingga pajak yang dikeluarkan menjadi kecil. Upaya strategi yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak dalam meminimalisir Praktik Transfer Pricing belum dikatakan efektif. dikarenakan terdapat faktor yang mempengaruhi, salah satunya minimnya SDM yang ahli menangani kegiatan transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Pajak, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ZANZAMAL EFDIKA 1820104164
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:01
Last Modified: 31 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29289

Actions (login required)

View Item View Item