SISTEM CASH DAN MEMBER GET MEMBER PADA PENGGUNA APLIKASI SNACK VIDEO SEBAGAI SUMBER INCOME / PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

Anggraini, Yessy Tri (2023) SISTEM CASH DAN MEMBER GET MEMBER PADA PENGGUNA APLIKASI SNACK VIDEO SEBAGAI SUMBER INCOME / PENDAPATAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
NEW A5 YESSY TRI ANGGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Snack Video adalah platform sosial video pendek bagi semua pengguna untuk merekam dan berbagi kehidupan mereka, dengan misi inti “Tangkap Dunia, Bagikan Kisah Anda”. Adapun Sistem Member Get Member pada aplikasi Snack Video merupakan cara, metode lain untuk menghasilkan uang melalui aplikasi snack video dengan cara mengundang dan mendaftarkan teman lalu selanjutnya pengguna yang mengundang teman melaui kode undangannya akan mendapatkan uang senilai Rp.52.600,- (dapat disesuaikan dengan promo dari snack video) secara tunai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan lapangan (field Research). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui wawancara, dan langsung ke obyek penelitian, dan studi pustaka menggunakan dokumentasi dari beberapa literatur buku terkait penelitian. Data primer dari skripsi ini diperoleh melalui data yang diperoleh langsung dari lapangan melaui hasil keterangan wawancara dengan informan yang terkait dengan penelitian. Data sekunder diperoleh dengan studi pustaka seperti dokumentasi dari buku-buku primer yang dianggap representatif terhadap penelitian, dan didukung juga buku-buku sekunder dan tesier sebagai pelengkap dari buku-buku primer yang ada. Dan analisis data yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif dengan mengunakan metode berpikir induktif, yaitu mempelajari suatu gejala khusus yang ada dilapangan untuk mendapatkan kaidah-kaidahnya. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Snack Video adalah platform sosial video pendek yang semua pengguna untuk merekam dan berbagi kehidupan mereka, dengan misi-misi selasaikan dan pengguna mendapatkan banyak koin yang terkumpul dari misi tersebut. Salah satunya Sistem Member Get Member pada aplikasi Snack Video merupakan cara, metode lain untuk menghasilkan uang melalui aplikasi snack video dengan cara mengundang dan mendaftarkan teman lalu selanjutnya pengguna yang mengundang teman melaui kode undangannya akan mendapatkan uang senilai Rp.52.600,- (dapat disesuaikan dengan promo dari snack video) secara tunai. (2) Sistem cash dan Member Get Member pada pengguna aplikasi snack video sebagai income / pendapatan dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah menggunakan akad Ju’ālah karena pihak aplikasi snack Video membayar pengguna setelah pengguna menjalankan misi yang ada di dalam aplikasi tersebut dengan memberikan sejumlah poin yang telah ditentukan jumlahnya dari masing-masing misi yang ada di aplikasi snack video yang secara umum telah terpenuhi syarat dan rukunnya dan telah berdasarkan asas dan prinsip dalam Hukum Ekonomi Syariah, sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci: Snack Video, Sistem Cash dan Member Get Member, Akad, Ju’ālah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Snack Video, Sistem Cash dan Member Get Member, Akad, Ju’ālah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: YESSY TRI ANGGRAINI 1720104108
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:04
Last Modified: 31 Jul 2023 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item