HUKUM PEMBAYARAN DOWN PAYMENT CICIL EMAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Pangkalan Balai)

Rohmani, Anis (2023) HUKUM PEMBAYARAN DOWN PAYMENT CICIL EMAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Pangkalan Balai). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
BAB 1 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB II skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul “HUKUM PEMBAYARAN DOWN PAYMENT CICIL EMAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Study kasus di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Pangkalan Balai) yang membahas tentang Telaah Hukum Syariah Terhadap produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia KCP pangkalan Balai. Tujuan peneliti ini Untuk mengetahui Pembayaran Down Payment dalam cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Pangkalan Balai, untuk mengetahui Telaah Hukum Islam Terhadap penggunaan multi akad dalam transaksi cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP pangkalan Balai. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif (field research) dengan metode pendekatan normatif, sosial dan yuridis. Subjek dan objek penelitian ini yaitu pegawai dan nasabah BSI KCP Pangkalan Balai, untuk instrumen pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan studi perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, praktik cicil emas di BSI KCP pangkalan Balai menggunakan konsep multi akad yang menggabungkan akad murabahah sebagai akad jual beli emas dan akad rahn sebagai akad untuk menahan kembali barang objek akad. Kedua, Ditinjau dari hukum islam penggunaan multi akad dalam transaksi cicil emas di BSI KCP pangkalan balai tersebut hukum nya boleh karena merupakan usaha yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian, serta termasuk urf (adat kebiasaan) yang boleh dilakukan karena tidak ada dalil yang secara khusus melarang dan penggunaanya tidak mengakibatkan kemafsadatan, kesulitan dan kesempitan bagi kedua belah pihak. Kata Kunci: Cicil Emas, Multi Akad, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Cicil Emas, Multi Akad, Hukum Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: ANIS ROHMANI 1830104177
Date Deposited: 02 Aug 2023 10:43
Last Modified: 02 Aug 2023 10:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29427

Actions (login required)

View Item View Item