IMPLEMENTASI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS V DI SDN 9 SEMBAWA BANYUASIN

Septiana, Aisiyah (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA KELAS V DI SDN 9 SEMBAWA BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin, (2) untuk mengetahui sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin, dan (3) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunkan metode deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulaan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi program 5S dalam menanamkan sikap sopan santun siswa di SDN 9 Sembawa Banyuasin sudah diterapkan dengan baik melalui tiga kegiatan, yaitu kegiatan rutin harian, meliputi siswa berbaris didepan kelas setiap pagi sebelum memasuki kelas, siswa bersalaman dengan guru, siswa bersalaman dengan guru setiap pulang sekolah. Kegiatan rutin mingguan, meliputi kegiatan pembiasaan membaca yasin bersama setiap hari jum’at, dan kegitan pembelajaran, meliputi kegiatan sosialiasi yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Kedua sikap sopan santun siswa kelas V di SDN 9 Sembawa Banyuasin masih sangat rendah, terutama sopan santun terhadap gurunya, masih banyak siswa yang berbicara dengan nada tinggi kepada gurunya. Ketiga faktor yang mempengaruhi implementasi program 5S ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung, meliputi guru sebagai teladan, lingkungan sekolah, dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat, meliputi siswa, pergaulan lingkungan masyarakat, dan pengaruh media sosial. Kata Kunci: Program 5S, Sikap Sopan Santun, Faktor Implementasi Program 5S

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Program 5S, Sikap Sopan Santun, Faktor Implementasi Program 5S
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AISIYAH SEPTIANA 1930201130
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:01
Last Modified: 07 Aug 2023 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29455

Actions (login required)

View Item View Item