ANALISIS PENYEBAB KETIDAK BERHASILAN MEDIASI PADA PERKARA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA GARUT KELAS I A TAHUN 2019 – 2021

Esa, Danil (2023) ANALISIS PENYEBAB KETIDAK BERHASILAN MEDIASI PADA PERKARA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA GARUT KELAS I A TAHUN 2019 – 2021. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mediasi merupakan suatu prosedur penengahan di mana seseorang bertindak sebagai penengah untuk berkomunikasi antara para pihak yang bersengketa, sehingga pandangan mereka yang berbeda atas sengketa tersebut dapat dipahami dan dimungkinkan didamaikan. Oleh karena itu cakupan yurisdiksinya sangat luas. Yurisdiksi tersebut juga sampai kepada masalah perceraian dalam arti mendamaikan para pihak supaya jangan cerai dan masalah sengketa perdata lainnya. Pengadilan Agama mempunyai yurisdiksi untuk melakukan perdamaian dalam arti agar para pihak yang berperkara tidak bercerai. Mediasi juga menjadi salah satu upaya yang di wajibkan oleh Makamah Agung untuk mempercepat penyelesaian perkara di Pengadilan Agama dengan berdasarkan asas peradilan cepat dan biaya ringan untuk menghidari penumpukan perkara di Pengadilan. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai penyebab kegagalannya mediasi di Pengadilan Agama Garut Kelas I A. permasalahan yang dikaji adalah alpal penyebalb ketidalk berhalsilaln medialsi paldal perkalral perceralialn di Pengaldilaln Algalmal Galrut Kelals I Al Talhun 2019 – 2021. alpal upalyal medialtor dallalm menyikalpi ketidalk berhalsilaln medialsi paldal perkalral perceralialn di Pengaldilaln Algalmal Galrut Kelals I Al Talhun 2019 – 2021. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data dan informasi yang valid untuk penelitian ini yaitu melalui triangulasi metode dilakukan dengan cara membandingkan informasi atau data dengan cara yang berdeda. Sebagaimana dikenal, dalam penelitian kualitatif peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan obervasi. Untuk memperoleh kebenaran informasi yang utuh mengenai informasi tertentu. Hasil penelitian dan pembahasan, (1) Penyebab ketidak berhasilan mediasi di Pengadilan Agama Garut Kelas I A pada tahun 2019 – 2021 diantaranya adalah ketidak hadiran para pihak, keinginan kuat dari para pihak untuk bercerai, kesalahan yang fatal di lakukan oleh salah satu pihak, ikut campurnya orang tua, tidak efektif mediasi yang dilakukan, kurangnya pengalaman mediator. (2) Upaya Mediator Dalam Menyikapi Ketidak Berhasilan Mediasi di Pengadilan Agama Garut Kelas I A Tahun 2019-2021 diantaranya adalah upaya mediator untuk memberikan pandangan akan manfaat keberhasilan mediasi, upaya meningkatkan skill (kemampuan) mediator, upaya meningkatkan kehadiran para pihak dalam mediasi, upaya Mediator dalam memenuhi kenyamanan para pihak yang di mediasi, upaya perdamaian dari hakim pemeriksa perkara, upaya menata ruangan mediasi dengan nyaman. Kata Kunci: Mediasi; Mediator; Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mediasi, Mediator, Pengadila Agama.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum perdata (hukum privat)
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum acara perdata dan pengadilan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Undang-undang, peraturan-peraturan, perkara-perkara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: DANIL ESA 1930101119
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:01
Last Modified: 07 Aug 2023 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29474

Actions (login required)

View Item View Item