ANALISIS PENERAPAN METODE NURUL BAYAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SDN 1 TAPUS KECAMATAN PAMPANGAN

Heriyansyah, Heriyansyah (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE NURUL BAYAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SDN 1 TAPUS KECAMATAN PAMPANGAN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI HERIYANSYAH 1930202269.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI HERIYANSYAH 1930202269.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode nurul bayan, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusi dalam mengaplikasikan metode nurul bayan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDN 1 Tapus. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode nurul bayan di SDN 1 Tapus Kecamatan pampangan sudah cukup baik dan sesuai dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an guru Pendidikan Agama Islam sudah dengan baik mengaplikasikan metode nurul bayan dengan pada saat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas V di SDN 1 Tapus. (2) faktor pendukung dengan mengaplikasikan metode nurul bayan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDN 1 Tapus yaitu: pertama disiplin di sekolah, kedua adanya kesadaran peserta didik, dan yang ketiga yaitu ketersediannya tenaga pendidik. Sedangkan faktor penghambat dengan mengaplikasikan metode nurul bayan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDN 1 Tapus yaitu: pertama keterbatasan sarana dan prasarana, kedua kurangnya minat siswa dalam membaca Al-Qur’an, ketiga keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dalam mengajar, dan yang keempat keadaan lingkungan keluarga. Dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDN 1 Tapus yaitu: pertama pemberian nasehat, kedua meningkatkan kedisiplinan di sekolah, dan yang ketiga pemberian himbauan kepada orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Membaca Al-Qur’an, Metode Nurul Bayan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: HERIYANSYAH 1930202269
Date Deposited: 07 Aug 2023 09:02
Last Modified: 07 Aug 2023 09:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29512

Actions (login required)

View Item View Item