ANALISIS MODEL BISNIS PEER TO PEER LENDING SYARIAH BERDASARKAN MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Pada Alami Fintech Syariah)

Amalia, Ummi (2023) ANALISIS MODEL BISNIS PEER TO PEER LENDING SYARIAH BERDASARKAN MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Pada Alami Fintech Syariah). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Jenis Fintech Syariah yang saat ini masuk ke dalam pasar ekonomi Indonesia dan sering digunakan adalah Peer to peer lending dan crowd funding. Dengan Boomingnya bisnis Peer to Peer Lending saat ini yang menjalankan sistem, bunga, Peer to Peer Lending Syariah muncul sebagai salah satu alternatif pembiayaan dengan sistem online yang mengutamakan prinsip-prinsip syariah. Peer to Peer Lending Syariah tidak menggunakan faktor, maysir, dan sistem bunga (riba) akan tetapi menggunakan sistem bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Model Bisnis Peer to Peer Lending Syariah Berdasarkan Maqashid Syariah (Studi Kasus Pada Alami Fintech Syariah). Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif analisis, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Dimana peneliti adalah instrument kunci. Dengan teknik pengumpulan data melalui hasil studi lapangan meliputi wawancara, observasi dan dokumetasi dan juga kepustakaan (literature buku) yang terdapat hubungannya dengan riset ini. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dari Model Bisnis yang ada di Alami Fintech Syariah dalam penyaluran pembiayaan UMKM Berdasarkan Maqashid Syariah sudah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI, Akad yang digunakan di Alami Fintech Syariah yaitu, Al-Murabahah, Al-Ijarah, dan Al-Hiwalah. Alami Fintech Syariah sudah memenuhi Maqashid Syariah, yaitu Perlindungan Agama (Hifdzu Al-Din), Perlindungan Jiwa (Hifdzu Al-Nafs), Perlindungan Akal (Hifdzu Al-Aql), Perlindungan Keturunan (Hifdzu Al-Nasl), Dan Perlindungan Harta (Hifdzu Al-Mal). Hambatan yang ada di Alami Fintech Syariah dalam penyaluran pembiayaan terjadinya resiko pendanaan, yaitu resiko gagal bayar penerimaan pembiayaan. Kata Kunci: Peer to Peer Lending, Maqashid Syariah, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peer to Peer Lending, Maqashid Syariah, UMKM.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UMMI AMALIA 1930602233
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:58
Last Modified: 09 Aug 2023 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29542

Actions (login required)

View Item View Item