ANALISIS PENERAPAN MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA (MBKM) DI SD NEGERI 114 PALEMBANG

KHAIRUNNISA, INTAN (2023) ANALISIS PENERAPAN MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA (MBKM) DI SD NEGERI 114 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKIRIPSI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V INTAN.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan pada penerapan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) yang terdiri dari empat kebijakan yaitu Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) diganti Assesment, UN yang digantikan kompetensi minimum dan survei karakter, penyederhanaan RPP, dan sistem zonasi penerimaan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pihak sekolah pada penerapan pelaksanaan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) dan faktor penghambat dari penerapan pelaksanaan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) di SD Negeri 114 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada penerapan pelaksanaan Merdeka Belajar Kurikulum Medeka (MBKM) ini telah diselenggarakan pada tahun ajaran 2022/2023 secara bertahap dan sudah bejalan cukup baik. Dalam pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka ini adapun empat kebijakan pokok, yaitu Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) diganti Assesment, UN yang digantikan kompetensi minimum dan survei karakter, penyederhanaan RPP, dan sistem zonasi penerimaan peserta didik. Pihak sekolah bekerja sama dalam menyiapkan upaya apa saja yang diperlukan dalam proses penyelengggaraan, seperti sarana dan prasarana yang mencukupi. Adapun faktor yang menjadi penghambat pada pelaksanaan penerapan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) yaitu yaitu bagi guru dan orang tua murid masih kurang memahami mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka itu sendiri. Adapun kendala yang dialami dalam proses penggantian UN menjadi Assesment Kompetensi yaitu didalam pergantian format penilaian yang diberikan kementrian belum terlalu baku. Dalam proses pelaksanaan ini juga siswa merasa tidak terlaku keberatan mengenai perubahan kurikulum ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka, Upaya Pihak Sekolah, Faktor Penghambat.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: INTAN KHAIRUNNISA 1930201104
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29543

Actions (login required)

View Item View Item