Penerapan Metode Tematik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Lahat

Yunita, Yunita (2023) Penerapan Metode Tematik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Lahat. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Coverr.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
Skripsi wis udah fix-13-14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi wis udah fix-15-26.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi wis udah fix-27-57.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi wis udah fix-57-78.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi wis udah fix-79-95.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi wis udah fix-96-97.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Skripsi wis udah fix-98-103.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi siswa yang jenjang menengah atas, seorang guru harus bisa menentukan dan dapat menerapkan metode pembelajaran yang selaras pada tingkat yang dibutuhkan anak tersebut. Metode tematik merupakan metode baru yang menerapkan poin tertentu untuk menghubungkan sebagian mata pelajaran dengan hal- hal yang dijalani pada keseharian pada siswa tersebut. Metode tematik ialah metode pembelajaran yang mementingkan pemberian topik yang terpilih untuk menberikan sebagian konsep-konsep metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengatahui penerapan metode tematik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Man 1 Lahat, dan mengetahui hasil sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran tematik. Penelitian ini mengunakan jenis kuantitatif Pre- Experimental Design One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI Agama 1 yang memiliki jumlah 30 peserta didik. Dengan menggunakan metode pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi etos kerja pribadi muslim. Prestasi belajar pada kelas pretest bisa dilihat dari nilai dengan hasil presentasi sekor tertinggi sebanyak 20% dengan interval >77 katagori sedang 63% dengan interval 53-77, dan katagori rendah 16%dengan interval <53. Kemudian pada kelas posttest bisa diliht dari nilai tertinggi, dibuktikan dengan 16,6% dengan interval >91 kategori sedang 60% dengan interval 71-91, dan katagori rendah 23% dengan interval <71. Dari statistik data tersebut bahwa metode tematik bisa meningkatkan prestasi balajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode, Metode Tematik, Meningkatkan Prestasi Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: YUNITA 1910202023
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:56
Last Modified: 09 Aug 2023 01:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29547

Actions (login required)

View Item View Item