Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Bangunlah Jiwa dan Raganya) dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Lais Kabupaten Musi Banyuasin

Aryati, Aryati (2023) Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Bangunlah Jiwa dan Raganya) dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan program yang dibuat oleh kemdikbud untuk memperkuat karakter di indonesia. adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui bagaimana keterlaksanaan projek pengutan profil pelajar pancasila pada tema bangunlah jiwa dan raganya dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Lais Kabupaten Musi Banyuasin, 2). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat keterlaksanaan projek pengutan profil pelajar pancasila pada tema bangunlah jiwa dan raganya dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Lais Kabupaten Musii Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan Pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan projek pengutan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Lais dilaksanakan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema yang sudah diterapkan yaitu tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, 2) Faktor pendukung keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Lais karena semangat kerja sama dari semua warga sekolah sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Karakteristik peserta yang berbeda-beda, P5 merupakan kurikulum baru, kurangnya fasilitator atau guru pendamping P5. Topik ini menarik dan penting karena program ini merupakan harapan besar dalam meningkatkan karakter dan kompetensi skill peserta didik disatuan pendidikan sesuai dengan 6 karakter Profil pelajar Pancasila sebagai berikut: Beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkhebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterlaksanaan Projek, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: ARYATI 1930202297
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29551

Actions (login required)

View Item View Item