Penerapan Feedback Point Pada Plasticpay Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah

Astuti, Puji (2023) Penerapan Feedback Point Pada Plasticpay Ditinjau Dari Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Jilid_Buku_A5_SKRIPSI_FULL_BAB_Puji_Astuti_FIXXX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sampah merupakan masalah besar dan masalah yang kian hari terus menumpuk jumlahnya. Sering kali, sampah dibuang tanpa adanya tindak lanjut ke tempat pembuangan sampah sampai menumpuk tinggi dan akhirnya dibawa oleh petugas kebersihan tanpa tahu kemana akan bermuara. Salah satunya teknik pengelolaan sampah terbaru yaitu mesin Reverse Vending Machine Plasticpay yang pertama di Indonesia. Mesin Plasticpay khusus sampah botol ini merupakan sebuah perangkat (mesin) yang menerima wadah minuman bekas dan dapat memberikan pelanggannya hadiah berupa feedback point Plasticpay atau struk voucher melalui aplikasi Plasticpay. Pokok kajian dalam penelitian ini mengenai penerapan feedback point pada Plasticpay, dan mengkaji terkait penerapan feedback point pada Plasticpay sudah memenuhi rukun dan syarat akad hadiah atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research), penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer, sumber data sekunder dan di dukung data tersier dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan Sales & Marketing Andini Destianti PT Plastocpay. Kemudian data-data tersebut di analisis dengan analisis kualitatif bersifat induktif dan di simpulkan secara induktif. Hasil penelitian ini yang pertama, kendala besar yang di hadapi pihak Plasticpay yaitu kendala lebih ke situasi mesin eror untuk produk Plasticpay jenis Reverse Vending Machine dan kendala yang kedua yaitu lebih ke edukasi kepada masyarakat tentang Sampah plastik yang bisa didaur ulang melalui program Plasticpay. Kedua Feedback point yang diterapkan pada aplikasi Plasticpay telah sesuai dengan konsep hadiah dalam hukum ekonomi syariah, kerena tidak ada yang bertentangan dengan hukum syarat. Dan menurut hasil wawancara dengan pihak Plasticpay, Andini Destianti sales & Marketing PT Plasticpay menyatakan bahwa Feedback point yang mereka sediakan ini serupa/sama dengan hadiah. Hadiah/penghargaan yang mereka berikan itu sebagai apresiasi untuk orang-orang yang sudah mulai aware (sadar) terhadap lingkungan melalui program Plasticpay.” Kata Kunci : Plasticpay, Feedback Point, Hadiah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Plasticpay, Feedback Point, Hadiah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: PUJI ASTUTI 1910104029
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:45
Last Modified: 15 Aug 2023 01:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29687

Actions (login required)

View Item View Item