TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI AKUN NETFLIX DARI SELLER NON-RESMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2019)

Karina, Febio Siti (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI AKUN NETFLIX DARI SELLER NON-RESMI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2019). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Febio Siti Karina.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Jual-Beli Akun Netflix Dari Seller non-Resmi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Angkatan Tahun 2019)”. Adapun latar belakang penulisan skripsi ini yakni, tingginya perkembangan dan kemajuan teknologi yang mempengaruhi perkembangan dan perubahan di berbagai aspek terkait jual-beli, salah satunya pada objek jual-beli. Terkhusus jual-beli akun Netflix dari seller non-resmi di kalangan mahasiswa. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yakni, bagaimana praktik jual- beli akun Netflix dari seller non-resmi, apa faktor yang melatar belakangi transaksi jual-beli akun Netflix, dan bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual-beli akun Netflix dari seller non-resmi di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang angkatan tahun 2019. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan sumber data primer, sumber data sekunder dan didukung data tersier serta populasi dan sampel. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, studi pustaka, serta dokumentasi. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif, kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut, praktik jual-beli akun Netflix dari seller non-resmi tersebut memanfaatkan sosial media dan platform belanja online seperti Shopee sebagai media promosi dan transaksi dan menggunakan berbagai pilihan metode pembayaran dalam transaksinya, faktor yang melatarbelakangi terjadinya transaksi jual-beli akun Netflix dari seller non-resmi tersebut karena adanya keinginan untuk memperoleh penghasilan pribadi serta harga Netflix yang jauh lebih murah dan mudah dalam transaksinya,berdasarkan tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dalam transaksi jual-beli akun Netflix dari seller non-resmi tersebut dapat disimpulkan bahwasanya transaksi jual-beli tersebut dianggap tidak sah, karena ditemukan beberapa kekeliruan berkenaan dengan syarat daripada rukun jual-beli yang tidak sesuai dengan Hukum Ekonomi Syariah yakni, sighat atau akad transaksinya, karena dalam praktinya transaksi ini lebih condong kearah sewa- menyewa akun Netflix bukan jual-beli akun Netflix, karena apabila masa berlaku transaksi telah berakhir, akun Netflix tersebut akan ditarik kembali oleh seller non-resmi tersebut. Objek jual-belinya, karena objek transaksi tersebut melanggar Pasal 24 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, dan aturan penggunaan 4.2. Netflix. Harga modal barangnya, karena harga modal barang yang diperoleh oleh seller non-resmi tersebut diperoleh dengan memanfaatkan akun Netflix pribadi yang tidak diperkenankan untuk dikomersilkan, sehingga hal tersebut melanggar aturan penggunaan 4.2. Netflix dan Pasal 24 dan Pasal 76 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Kata Kunci : Jual-Beli, Netflix, Seller non-Resmi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jual-Beli, Netflix, Seller non-Resmi
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: FEBIO SITI KARINA 1910104021
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:05
Last Modified: 16 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29751

Actions (login required)

View Item View Item