UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL OLEH KEPOLISIAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Kasus Di Kepolisian Sektor Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin)

Indah, Ibadah (2023) UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL OLEH KEPOLISIAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (Studi Kasus Di Kepolisian Sektor Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH WISUDAH FIX10.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya penanggulangan tindak pidana pelecehan seksual oleh Kepolisian dalam perspektif hukum pidana Islam. Pelecehan seksual menurut hukum positif adalah suatu bentuk tindakan atau percakapan di mana seorang mencari kepuasan seksual dari seseorang. Pelecehan seksual adalah tindakan seksual lewat sentuhan fisik maupun non fisik dengan sasaran organ seksual menggunakan siulan, main mata, ucapan bernuansa seksual, mempertunjukkan materi pornografi dan keinginan seksual, colekan atau sentuhan di bagian tubuh sehingga mengakibatkan rasa tindak nyaman. Adapun permasalahan yang diangkat sebagai fokus penelitian adalah (1) Bagaimana upaya penanggulangan tindak pidana pelecehan seksual oleh Kepolisian Sektor Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin, (2) Bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap upaya penanggulangan tindak pidana pelecehan seksual oleh Kepolisian Sektor Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Adapun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah primer yang diperoleh dari studi lapangan. Dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, kemudian diolah dan di analisis secara kualitatif guna mendapatkan suatu kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa upaya penanggulangan tindak pidana pelecehan seksual oleh Kepolisian Sektor Babat Toman adalah dengan upaya penal dan non penal. Tinjauan Hukum Pidana Islam Tindak Pidana Pelecehan Seksual termasuk ke dalam jarimah takzir yang ditentukan oleh penguasa, baik bentuk, macam atau pun sanksinya dikarenakan tidak terdapat pembahasan detail dalam nash maupun hadist serta berat ringan sanksinya menjadi ijtihad para ulama dan hukumannya diperberat hingga hukuman mati serta hukuman atas tindak pidana yang bentuk dan kadarnya diserahkan kepada ulil amri (pihak yang berwenang menetapkan hukuman). Kata Kunci : Kepolisian, Pelecehan Seksual, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: INDAH IBADAH 1910103013
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:57
Last Modified: 23 Aug 2023 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item View Item