PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP (DI DESA PUSAR KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU)

SIANURA, OLIVIA (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP (DI DESA PUSAR KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER OLIVIA SIANURA.docx

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK OLIVIA SIANURA.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I OLIVIA SIANURA.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB II OLIVIA SIANURA.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III OLIVIA SIANURA.docx

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV OLIVIA SIANURA.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB V OLIVIA SIANURA.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OLIVIA SANURA.docx

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Penegakan Hukum Terhadap Tindak pidana Pencemaran Lingkungan Hidup (Di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu)”. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Kegiatan penambangan semen oleh PT Semen Baturaja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan semen nasional terutama di wilayah Sumatera Selatan. Kegiatan ini sebenarnya adalah dalam rangka memenuhi tugas Negara dalam mensejahterakan rakyat namun demikian kegiatan penambangan ini berdampak terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar PT Semen Baturaja. Di antara dampak negatif itu adalah berkurangnya cadangan air, banyaknya debu yang di akibatkan oleh kegiatan penambangan di sekitar desa pusar. Latar belakang ini memberikan inspirasi kepada penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup (Di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Pencemaran Lingkungan Hidup(di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu) 2. Bagaimana prespektif Hukum Pidana Islam dalam Penegakan Pencemaran Lingkungan Hidup(di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah normatif- empiris dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yang disusun secara sistematis, sehingga menjadi data yang konkrit mengenai tindak pidana pencemaran lingkungan oleh PT Semen Baturaja. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu informasi yang bersumber dari wawancara, dan pengamatan langsung kelokasi penelitian, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran lingkungan hidup (di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu tidak berjalan sebagaimana mestinya, hanya dikenakan dengan sanksi administrasi, dikarenakan kesulitan mengaitkan pelaku dengan barang bukti yang hanya sedikit dan kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan disekitar, sementara tanggung jawab berupa (CSR) tidak diberikan secara maksimal. Prespektif Hukum Pidana Islam terhadap tindak pidana pencemaran lingkungan hidup di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu diberikan sanksi berupa ta’zir yang mana hukuman dan kadarnya dikembalikan kepada hakim yang tujuannya untuk mendidik dan memberikan efek jera terhadap pelaku yang melakukan pencemaran lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: penegakan hukum, tindak pidana, pencemaran lingkungan hidup
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: OLIVIA SIANURA 1910103007
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:18
Last Modified: 18 Aug 2023 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29756

Actions (login required)

View Item View Item