Rahmawati, Ani (2023) Penerapan Metode Al-Baghdadi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di SMP Nurul Amal Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP Nurul Amal Palembang sebelum dan sesudah penerapan metode Al-Baghdadi, serta mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan setelahnya. Menurut hasil observasi sementara peneliti, ditemukan permasalahan mengenai kemampuan membaca Alquran siswa. Permasalahan mengenai kemampuan membaca Al-Qur‟an itu sendiri diantaranya siswa masih terbata-bata saat membaca Al-Qur‟an, masih adanya kekeliruan makhorijul huruf hijaiyah, hal ini juga disebabkan perbedaan latar belakang pendidikan siswa. Berdasarkan Permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan metode Al-Baghdadi dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca alqur‟an siswa. Jenis dan design penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, yang mana dalam penerapannya akan dilakukan pretest dan posttest. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 di SMP Nurul Amal Palembang yang berjumlah 28 siswa. Kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VII.2 di SMP Nurul Amal Palembang sebelum diterapkan metode Al-Baghdadi memperoleh hasil skor tinggi mencapai persentase 25%, skor sedang mencapai persentase 54%, kemudian skor rendah mencapai persentase 21%. Kemudian setelah diterapkan metode Al-Baghdadi diperoleh hasil skor tinggi mencapai persentase 32%, skor sedang mencapai persentase 50%, Kemudian skor rendah mencapai persentase 18%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang cukup signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP Nurul Amal Palembang sebelum dan sesudah penerapan metode Al-Baghdadi, hal ini sesuai dengan analisis data melalui uji coba hipotesis yang hasilnya thitung lebih besar dari ttabel (1,35 < 11,33 > 0,27), sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Baghdadi, Kemampuan Membaca Al-Quran |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | ANI RAHMAWATI 1930202199 |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:22 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:22 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29786 |
Actions (login required)
View Item |