ANALISIS PUTUSAN TENTANG MONEY POLITIC DALAM PILKADA PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Putusan No : 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob)

Dian, Martina Sari (2023) ANALISIS PUTUSAN TENTANG MONEY POLITIC DALAM PILKADA PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Putusan No : 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skripsi dian martina sari .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemilu adalah bagian dari demokrasi, demokrasi menempatkan rakyat sebagai penentu dari seorang pemimpin, namun di dalam perjalannya untuk mendapatkan suara, seseorang yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif ini menggunakan cara yang salah, yakni menggunakan uang untuk membeli suara. Sebagaimana pada putusan Nomor : 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob mengindikasikan banyaknya kecurangan dalam pemilu yaitu dalam bentuk money politic, di dalam Islam money politic itu sangat dilarang, orang yang menyogok dan disogok akan masuk neraka. Dengan banyaknya kejadian seperti itu maka penulis menganggap perlu diadakannya penelitian yang berjudul Analisis Putusan Tentang Money Politic Dalam Pemilu Perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Positif (Studi Putusan Nomor : 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob), penelitian dalam Skripsi ini menggunakan metode kualitatif yaitu berupa penelitian normatif atau penelitian pustaka (Library Research), dengan permasalahan yang diangkat sebagai focus penelitian adalah sebagai berikut : Bagaimana Analisis Pertimbangan Hakim Dalam Penjatuhan Pidana Dalam Putusan Nomor : 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob. dan bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Penjatuhan Pidana Oleh Hakim Dalam Putusan Nomor 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pandangan Hukum Positif terhadap praktik politik uang pada putusan Nomor 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob merupakan suatu tindakan yang melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 521 jo. Pasal 280 ayat (1) huruf h Tentang Pemilihan Umum. Sedangkan Menurut Hukum Pidana Islam Praktik Politik Uang dalam Putusan No: 54/Pid.Sus/2019/PN.Tob Termasuk kedalam kategori Risywah. Risywah merupakan penyakit sosial atau perilaku yang menyimpang dalam kehidupan bermasyarakat dan tidak dibenarkan oleh ajaran Islam, baik yang memberi maupun yang menerima suap sama-sama tidak dibenarkan. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan, Dasar Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan tehadap pelaku politik uang dalam Putusan Nomor:54/Pid.Sus/2019/PN.Tob telah mempertimbangkan fakta-fakta di persidangan baik berdasarkan pertimbangan yuridis, sosiologis dan filosofis, sehingga Hakim memberikan sanksi berupa penjara selama dua (2) bulan dan denda sebesar Rp.5000.000,00 (lima juta rupiah), dan dalam Hukum Pidana Islam menempatkan tindak Pidana yang berhubungan dengan pemilu ini kedalam Jarimah Takzir, karena pada saat zaman Nabi dan para Sahabat dahulu belum ada peristiwa seperti ini, dan belum ada nash yang jelas yang berkaitan dengan kasus ini, karena ini termasuk kasus yang baru maka jarimah ini diputuskan dengan hasil ijtihad pemimpin yakni jarimah tazir . Kata Kunci : Money Politic, Pidana, Putusan Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Money Politic, Pidana, Putusan Hakim.
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: DIAN MARTINA SARI 1830102038
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:19
Last Modified: 22 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29833

Actions (login required)

View Item View Item