PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM DI SMP NEGERI 2 PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

HALIMAH, NIM. 12210104 (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM DI SMP NEGERI 2 PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALIMAH (12210104).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi BelajarPada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan yakni sebagian siswa kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran bisa diubah dengan jalan memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan menanamkan bahwa pentingnya mempelajarinya. Dari latar belakang yang telah diuraikan, terdapat beberapa masalah daripenelitian ini yaitu: apakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di SMP Negeri 2 Payaraman kabupaten Ogan Ilir?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Motivasi Siswa belajar di SMP Negeri 2 Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, untuk mengetahui Bagaimana Prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir,Serta untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir.Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Payaraman, sampel yang diambil adalah seluruh kelas. Namun, dalam satu kelas diambil 7 siswa, karena penelitian ini hanya mengambil 20%dari jumlah populasinya. Jadi jumlah sampelnya terdiri dari 21 siswa.Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar dengan menggunakan angket di SMP Negeri 2 Payaraman. Berdasarkan 21 responden, motivasi belajar siswa (tinggi) berjumlah 5 siswa atau 24% kemudian motivasi belajar siswa menengah (sedang) berjumlah 11 orang atau 52% dan motivasi belajar siswa (rendah) berjumlah 5 orang atau 24%. Jadi, motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, termasuk dalam kategori sedang yaitu 52%. Berdasarkan 21 responden, prestasi belajar (tinggi) berjumlah 5 orang atau 24% kemudian prestasi belajar menengah (sedang) berjumlah 12 orang atau 57% dan prestasi belajar (rendah) berjumlah 4 orang atau 19%. Jadi, prestasi belajar di SMP Negeri 2 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 57%. Kesimpulan bahwa Motivasi Belajar Siswa mempunyai pengaruh terhadap Prestasi belajar di SMP Negeri 2 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Hal ini sangat sesuai dengan hasil penelitian yang menyatakan r hitung lebih besar dari pada r tabel baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,433 maupun 1% yaitu 0,549 dan pengaruh antara variabel X dan variabel Y yang besarnya yaitu 0,662 merupakan pengaruh yang sedang atau cukup. Dengan demikian maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Artinya hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di SMP Negeri 2 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:11
Last Modified: 14 Feb 2019 08:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item