HANDOKO USMAN, NIM. 14270041 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJAAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 EMPAT LAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
HANDOKO USMAN (14270041).pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan pemahaman seseorang dalam memahami pembelajaran yang abstraks di dalam lingkungan belajar berdasarkan pengalaman yang ada sebelumnya. Pemahaman konsep dalam memahami materi pembelajaran di antaranya dapat di terapkan model pembelajaran index card match. Model pembelajaran ini dapat melatih ketelitihan dan daya ingat siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Empat Lawang, bagaimana pemahaman konsep siswa sesudah mengunakan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 1 Empat Lawang, apakah ada pengaruh model pembelajaran index card match terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 1 Empat Lawang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA dikelas IV dengan menggunakan model index card match di MIN 1 Empat Lawang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasinya adalah sebanyak 35 siswa kelas IV MIN 1 Empat Lawang. Sampelnya adalah siswa kelas IVA sebanyak 18 siswa dan kelas IVB sebanyak 17 siswa di MIN 1 Empat Lawang. Teknik pengumpulan data yaitu Tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan rumus TSR dan uji Tes “t”, hasil penelitian sebagai berikut. Pemahaman konsep siswa kelas IVB MIN 1 Empat Lawang pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan model pembelajaran index card match tergolong rendah, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata atau mean yakni 48,8. Pemahaman konsep siswa kelas IVA MIN 1 Empat Lawang sesudah menggunakan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA tergolong tinggi. Hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata atau mean yakni 81,6. Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran index card match terhadap pemahaman konsep siswa mata pelajaran IPA terlihat lebih baik di MIN 1 Empat Lawang, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dengan menggunakan perhitungan uji “t” jika t tabel <t hitung >t tabel atau 2,03<5,842>2,72 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran index card match terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Empat Lawang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:11 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2986 |
Actions (login required)
View Item |