“REPRESENTASI BANJIR DI JAKARTA PADA COVER MAJALAH TEMPO “ RAPOR BANJIR ANIES” EDISI 2 MARET 2020 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)”

nada rismin, jaiwan (2021) “REPRESENTASI BANJIR DI JAKARTA PADA COVER MAJALAH TEMPO “ RAPOR BANJIR ANIES” EDISI 2 MARET 2020 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Spreadsheet
Jaiwan Nada Rismin(revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “REPRESENTASI BANJIR DI JAKARTA PADA COVER MAJALAH TEMPO “ RAPOR BANJIR ANIES” EDISI 2 MARET 2020 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)” penelitian ini menggunakan kajian semiotika Charles Sanders Peirce Pada cover majalah tempo yang menampilkan banjir yang terjadi di DKI Jakarta. Tergambar bagaimana banjir yang menggenangi ibu kota. Peneliti merusmuskan pertanyaan yakni: Bagaimana representasi banjir di Jakarta pada cover majalah Tempo edisi 2 Maret 2020? Melihat konteks penelitian ini, tinjauan teoritis yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Peirce, yaitu dengan melihat makna atas ground (qualisgin, sinsign, dan legisign), object (icon, indeks dan simbol), serta interpretasi apa saja yang ada pada gambar ilustrasi yang terdapat pada cover tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotika yang bersifat kualitatif model diskriptif. Data yang didapatkan dari gambar ilustrasi pada cover majalah tempo edisi 2 Maret 2020, berita yang terkait pada banjir di jakarta, serta dengan buku-buku referensi. Setelah melihat cover majalah yang diteliti, maka kesimpulannya petanda yang muncul pada sampul majalah Tempo berkaitan erat dengan banjir di Jakarta. Petanda yang ada, yaitu: sosok Anies dengan simbol pemeran utam, gambaran Anies yang kebingungan. Sehingga Interpretasi peneliti ketika melihat gambar ilustrasi yang ditampilkan pada sampul adalah mengambarkan serangkaian peristiwa banjir di Jakarta yang membuat Anies Baswedan bingung bagaimana cara mengatasinya. Kata kunci: Semiotika, Majalah Tempo, Cover , Anies, Banjir Jakarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: JAIWAN NADA RISMIN
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:57
Last Modified: 23 Aug 2023 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item